Lagi, Satu Pulau di Daerah Sulawesi Dijual Online


SURATKABAR.ID – Menjadi dilema apakah harus disyukuri atau disesali kalau tinggal di Indonesia negara maritim ini. Negara Indonesia yang kepulauan dibanjiri ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Masing-masing pulau pun memiliki keindahan tersendiri. Tidak hanya alam pulaunya saja, namun kehidupan bawah lautnya yang amat kaya dan beragam.

Sayangnya, dari sekian banyak pulau tidak sedikit juga pulau yang tidak terawat dengan baik. Pada umumnya pulau-pulau ini memiliki sedikit hingga nol populasi dengan luas pulau yang juga amat kecil.

Salah satu pulau di Indonesia bahkan kembali masuk ke dalam daftar jual pada situs penjualan pulau internasional, privateislandonline.com. Pulau itu yakni Pulau Tojo Una-una yang berada di Sulawesi Tengah.

Tidak dicantumkan oleh situs jual beli asal Kanada itu berapa harga jual pulau tersebut. Tetapi, kalau berminat maka bisa langsung menghubungi situs tersebut.

Pulau ini luasnya mencapai 12.50 km persegi. Selain itu, digambarkan Tojo Una-una merupakan daerah pulau yang memiliki pemandangan laut sangat memukau.

Baca juga: Anak Penderita Leukimia Tulis Sepucuk Surat untuk Orangtuanya, Bikin Nangis

“Pulau seluas 3000+ acre tersebut telah menjadi milik keluarga selama 120 tahun dan terpencil, namun dapat diakses sehingga cocok sebagai lokasi tujuan wisata. Pulau ini juga cocok untuk industri kayu jabon,” demikian tulisan promosi dalam situs tersebut, seperti dilansir dari JawaPos.com, Senin (22/1/2018).

Air di sana begitu jernih bagai kristal, sedangkan pada bagian dalamnya dihiasi dengan batu koral. Tempatnya cocok untuk diving spot.

Jarak pulai ini 10 menit dari pulau terdekat, Wakai. Disebutkan Pulau Tojo Una-una ini belum dikembangkan dan juga memiliki potensi besar untuk dijadikan pariwisata air.

Pada 2012 lalu, privateislandonline.com sebelumnya juga memasang iklan untuk penjualan Pulau Gambar di Laut Jawa serta Pulau Gili Nanggu yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.