Viral di Twitter! Seorang Warganet Bongkar Modus Penipuan dengan Kode ‘Aneh’ di Struk ATM


SURATKABAR.ID – Berbelanja online sekarang ini sudah menjadi gaya hidup sendiri di masyarakat. Selain simple, kita tak direpotkan untuk mengantri di kasir ataupun menembus macetnya jalanan hanya untuk berbelanja. Terlebih lagi, sudah banyak sekali online shop yang bertebaran dan tinggal dipilih satu yang diinginkan.

Namun, mekipun begitu bukan berarti kita terlena. Ada banyak modus penipuan oknum tak bertanggung jawab saat melakukan transaksi online. Contohnya saja curhatan seorang pengguna akun Twitter yang baru-baru ini menjadi viral. Akun @agilligil membongkar modus penipuan yang ia alami sendiri.

Jika selama ini penjual yang banyak menjadi oknum penipu, kali ini malah pembeli yang melakukannya. Ia mengirimkan struk ATM yang mirip sekali dengan aslinya, masyarakat awam pasti akan susah menemukan kejanggalan di dalam sruk tersebut. Begini ungkap akun tersbut yang sekarang ini jadi viral,

Baca juga: Tak Curiga Bentuk Kepala Bayinya Sedikit Aneh, Sang Ibu Shock Putranya Derita Hal Mengerikan!

“Hampir aku tertipu dengan modus seperti ini. Sekilas struk ini keliatan asli. Tapi pas diperhatiin di paling bawah ada kode dana & amount yang ternyata kode tersebut buat ngisi e-cash si pelaku,” tulisnya, membuka postingan, dilansir dari Tribunnews.com

Selanjutnya ia menceritakan kronologi kejadian. Awalnya, ia memposting di Olx dan menjual hp-nya. Tak lama setelah itu ada orang bernama Ade Irawan orang Bandung mengaku tertarik untuk membeli hp tersebut. Tanpa tawar menawar, Ade deal dengan harga dari penjual.

Baca juga: Nekat Keluar Rumah Sakit Lebih Cepat, Ruben Onsu Malah Ogah Pulang ke Rumah, Kenapa?

“Nah si Ade ini anehnya ga nawar sama sekali sama barang yg gue jual. (Kecurigaan pertama). Lalu gue saranin buat COD, dia gak mau. (Kecurigaan kedua, ini sebelum dia ngasih tau klo dia org bandung).

Sejam kemudian Ade ini ngasih kabar kalo dia udah trf ke rekening sy. Otomatis sy buka mutasi rekening di m-banking untuk liat mutasi dana. Betapa anehnya pas diliat, dana saya tidak nambah sama sekali. Tidak ada sepeserpun dana yg masuk!

Lalu sy kasih tau dong kalo dana yg Ade kirim ini belum masuk ke sy. Eh dia malah nyuruh sy untuk aktifin kode dana yg ada di bawah struk tsb.”

Baca juga: Seorang Bapak Tolak Hadiah Sepeda dari Presiden Jokowi, Alasannya Kocak

“Kecurigaan sy semakin bertambah. Sejak kapan mau terima duit masuk kudu masukin kode dana dan kode amount?

Sy disuruh aktifin kode dana tsb ke ATM sama si Ade ini. Tapi saya ga mau karena firasat sy udah ga enak.

Akhirnya sy cari di forum tentang kasus ini. Dan ternyata ini adalah modus yg digunain pelaku buat ngisi e-cash nya sendiri.

Hamdalah sy masih eling… ga kemakan rayuan maut pelaku!”

Unggahan yang diunggah pada Sabtu (13/1/2018) siang itu pun banyak diretweet pengguna Twitter lainnya. Selang dua hari saja, sudah dibagikan lebih dari 3000 kali. Banyak netizen merasa unggahan itu bermanfaat. Dari kolom komentar terlihat ternyata banyak juga korban lainnya dengan penipuan sejenis.

Baca juga: Kisah Haru Perjuangan Hidup Bayi Terkecil di Asia. Lahir Permatur dengan Kulit Setipis Kertas, Begini Kondisinya Sekarang

Nah, untuk tindakan pencegahan. Ada baiknya jika melakukan jual beli melakuakn sistem COD saja. Atau memang sekiranya jauh, selalu waspada dengan apapun, jangan gegabah mengirimkan uang ataupun juga barang.