Gawat! Ini 10 Tanda Ginjal Anda dalam Kondisi Kritis, Nomor 1 dan 2 Sering Diabaikan


    SURATKABAR.ID – Ginjal memiliki tugas penting untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh manusia, yakni menyaring darah yang mengalir dari seluruh tubuh. Organ ini memisahkan racun, mengatur keseimbangan elektrolit dan mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh.

    Di tengah-tengah gaya hidup yang semakin modern ini, kesadaran terhadap kondisi kesehatan ginjal kerap kali diabaikan. Mulai dari tidak terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh hingga kebiasaan makan dan minum produk kemasan.

    Padahal hal ini dapat meningkatkan risiko menurunnya fungsi ginjal yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit ginjal. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan ginjal Anda tengah bermasalah, seperti dihimpun dari laman Tribunnews.com, Senin (1/1/2018), melansir Brightside.me:

    Kesulitan Tidur

    Pada saat ginjal tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik, artinya racun tidak dapat dikeluarkan dari tubuh dan menumpuk di dalam darah. Meningkatnya kadar toksin ini dapat membuat seseorang mengalami kesulitan tidur. Semakin kronis kondisi ginjal, gangguan tidur akan makin berat.

    Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Ini 4 Alasan Rajin Lepas Bra Bisa Bikin ‘Si Kembar’ Makin Menggoda

    Sakit Kepala dan Melemahnya Tubuh

    Ginjal yang sehat akan menghasilkan hormon Erythropoietin (EPO). Hormon ini berperan penting dalam memproduksi sel darah merah. Dan jika ginjal bermasalah, EPO yang diproduksi akan menurun. Artinya sel darah merah yang membawa oksigen pun menurun. Hasilnya tubuh akan jadi lebih mudah lelah.

    Kulit Kering dan Terasa Gatal

    Jangan sepelekan kondisi kulit yang kering dan terasa gatal. Pasalnya ini bisa menjadi tanda penting yang menunjukkan ada masalah pada ginjal Anda, sehingga tidak dapat menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi. Atasi hal ini dengan lebih banyak minum air mineral.

    Bau Mulut Tak Sedap

    Tanda selanjutnya dari kondisi ginjal yang tidak sehat adalah timbulnya bau tak sedap pada mulut. Bau mulut disebabkan karena ada terlalu banyak racun dan juga kontaminasi di dalam aliran darah yang tak sanggup disaring oleh organ tersebut.

    Napas Sesak

    Penyakit ginjal dapat menyebabkan seseorang mengalami sesak napas. Hal ini bisa disebabkan oleh dua faktor. Pertama saat ginjal tak berfungsi dengan baik, maka cairan ekstra di tubuh akan bergerak ke paru. Dan yang kedua, kurangnya sel darah merah dan kadar oksigen menimbulkan gejala sesak napas.

    Beberapa Bagian Tubuh Membengkak

    Pada saat ginjal terganggu, maka ia tak sanggup menyingkirkan kelebihan cairan dari tubuh dengan maksimal. Dan kondisi tersebut dapat menyebabkan retensi natrium yang dapat meningkatkan risiko pembengkakan di beberapa area tubuh, seperti pergelangan kaki maupun tangan.

    Baca Juga: Hati-Hati Ladies! 8 Kalimat dari Pria Berikut Ini Artinya Dia Sudah Jenuh, Terakhir ‘Jleb’ Banget

    Sakit Punggung

    Nyeri ataupun rasa sakit pada punggung biasanya disebabkan oleh gagal ginjal. Dan bukan hanya menimbulkan sakit punggung, kondisi ini juga bisa disertai dengan mual hingga muntah, meningkatnya suhu tubuh dan kencing berulang-ulang.

    Pembengkakan di Sekitar Area Mata

    Merasa tidak percaya diri dengan pembengkakan pada sekitar area mata Anda? Ini adalah tanda dari tubuh yang mengatakan adanya gangguan dari sistem saringan ginjal, sehingga menyebabkan timbulnya protein pada urine. Akibatnya adalah pembengkakan pada area mata.

    Tekanan Darah Tinggi

    Bukan hal yang mengejutkan jika gangguan kesehatan ginjal berkaitan erat dengan risiko tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan nefron pada ginjal tak mendapatkan asupan oksigen yang cukup dan menjadi penyebab utama timbulnya tekanan darah tinggi.

    Perubahan Warna pada Urine

    Adanya perubahan intensitas buang air kecil, bau, warna dan tampilan fisik urine sama sekali tidak boleh diabaikan. Ketahuilah bahwa kencing 4-10 dalam sehari adalah hal yang normal. Lebih dari itu, berarti ada yang salah. Dan warna urine yang semakin gelap, menandakan ginjal Anda mengalami gangguan.