Sudah Direstui Prabowo, Gerindra Ajukan Pembalap Moreno Suprapto Jadi Cagub Jatim


    SURATKABAR.ID – Diyakini akan menjadi sosok alternatif di antara persaingan dua tokoh Nahdlatul Ulama, Syaifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa, Partai Gerindra mengajukan anggotanya di DPR, Moreno Suprapto, sebagai calon gubernur Jawa Timur pada Pilkada Jatim 2018.

    “Kami yakin sosok Moreno sangat bisa dijual di Pilgub Jatim,” ungkap Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di Jakarta, Sabtu (23/12/2017), seperti dilansir dari laporan Kompas.com hari ini.

    Sufmi Dasco Ahmad juga menilai bahwa Moreno yang merupakan mantan kekasih selebritas Dian Sastrowardoyo, Julie Estelle dan Nadine Chandrawinata ini juga memiliki karakter berbeda dibanding para pesaingnya.

    “Jika dilihat dari peta politik saat ini, Moreno punya peluang besar untuk menjadi pilihan alternatif karena memiliki karakter beda dengan Khofifah-Gus Ipul,” lanjut Sufmi Dasco Ahmad kemudian.

    Baca juga: Bergerak dengan Senyap, Inilah Kisah Keberhasilan Operasi Kopassus di Tanah Papua

    Sosok Ideal Generasi Milenial

    Sufmi Dasco Ahmad menambahkan, Moreno adalah mantan pembalap dengan prestasi cemerlang baik di tingkat nasional maupun internasional. Moreno dinilai sebagai sosok ideal generasi milenial Indonesia.

    Tak hanya itu saja, lanjut Sufmi Dasco Ahmad, Moreno banyak berkontribusi bagi perumusan kebijakan-kebijakan fraksi yang senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat.

    “Selain itu Moreno juga memiliki akar yang kuat di Jawa Timur karena keluarga besar ayahnya memang asli Jawa Timur,” tutur Dasco.

    Pada Pemilu 2014 lalu, tutur Dasco, Moreno yang baru pertama kali ikut kontestasi langsung terpilih karena memperoleh suara yang sangat signifikan, yakni lebih dari 52.000 suara di Daerah Pemilihan Jawa Timur V.

    “Mesin partai kami mulai dari DPD hingga ranting akan bekerja all out memenangkan Moreno,” tandas Dasco.

    Sebelumnya Partai Gerindra memilih La Nyalla Mattalitti untuk maju pada Pilkada Jatim 2017. Namun, hingga batas waktu yang ditentukan, La Nyalla gagal menggaet partai koalisi lain.

    Di Jawa Timur sendiri, Partai Gerindra hanya memiliki 13 kursi DPRD Jatim, kurang dari batas minimum sebesar 20 kursi. Oleh sebab itu, Gerindra harus berkoalisi dengan parpol lain untuk mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

    Melobi PAN Agar Duet dengan Bupati Bojonegoro

    Partai Gerindra juga melobi Partai Amanat Nasional untuk menambah kekuatan dalam mengusung kadernya, Moreno Suprapto di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

    Gerindra berharap bisa memasangkan putra dari Tinton Suprapto ini dengan kader PAN yang juga Bupati Bojonegoro, Suyoto.

    “Kita harap Bupati Bojonegoro yang jadi wakil gubernur,” imbuh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Sabtu (23/12/2017), melansir Kompas.

    Partai Gerindra saat ini memiliki 13 kursi DPRD Jatim. Sementara PAN mempunyai 7 kursi.

    Apabila berkoalisi, kedua partai ini bisa mengantongi 20 kursi, pas dengan syarat minimum untuk mengusung pasangan calon dalam Pilgub. Dasco menyebutkan, komunikasi intensif antara Partai Gerindra dan PAN saat ini terus dilakukan.

    Saat dihubungi terpisah, Ketua DPP PAN Yandri Susanto membenarkan bahwa ada kemungkinan untuk menduetkan Moreno dan Suyoto. Semuanya akan tergantung dengan komunikasi lanjutan dan dinamika politik yang terjadi di Jawa Timur.

    “Komunikasi PAN-Gerindra untuk pilgub Jatim sangat baik,” tambahnya.

    Direstui Prabowo Subianto

    Dasco juga memastikan bahwa Moreno sudah mengantongi restu dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk mencalonkan diri sebagai cagub Jatim.

    Baca juga: Kini Airlangga Rangkap Jabatan, Fadli Zon: Jokowi Telan Ludahnya Sendiri

    Dengan demikian, keputusan Partai Gerindra mengusung anggotanya Moreno Suprapto sebagai calon Gubernur Jawa Timur memang sudah bulat. Keputusan itu juga sudah mendapat persetujuan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

    “Sudah direstui Pak Prabowo,” terang Dasco.