Kota Suci Bagi 3 Agama, Inilah 7 Tempat Wisata di Yerusalem yang Populer dan Bersejarah


SURATKABAR.ID – Belakangan ini, Kota Yerusalem kerap menjadi perbincangan seluruh lapisan masyarakat sedunia. Yerusalem praktis menjadi sorotan publik menyusul pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui kota tersebut sebagai ibu kota Israel. Tak pelak, dunia pun banyak memberikan tanggapan baik pro maupun kontra. Namun terlepas dari semua itu, faktanya Yerusalem merupakan sebuah kota tertua yang menjadi salah satu objek wisata spiritual terkenal di dunia.

Dikelilingi dinding dan sejumlah situs suci milik Kristen, Muslim, dan Yahudi, membuat para wisatawan dari berbagai belahan di dunia jadi tertarik untuk mengunjungi kota ini.

Yuk intip 7 destinasi atau tempat wisata di Yerusalem yang bersejarah dan paling populer sebagaimana dilansir dari laman IDNTimes.com, Kamis (21/12/2017).

1. Tembok Ratapan /The Wailing Wall

Baca juga: Bukan Tren Baru, Bersantap di Atas Langit Ternyata Sudah Ada Sejak Dulu

Jika kamu berkunjung ke Yerusalem, salah satu destinasi terpopuler di sini adalah tembok ratapan. Di tembok super raksasa ini, banyak orang-orang Yahudi yang berdoa, sampai ada yang menangis juga. Di sela-sela dinding akan ada banyak kertas permohonan yang telah diselipkan orang-orang yang berdoa di sana.

2. Kota Tua Yerusalem

Kalau kamu berkunjung ke Yerusalem tanpa berkeliling ke kota tuanya, Anda akan merugi. Selama berkeliling, Anda bisa menemukan banyak bangunan bersejarah, museum, dan berbagai pemandangan yang menarik lainnya.

Selain memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, kota suci ini terbagi atas 3 bagian wilayah bagi orang Yahudi, Kristen, dan Islam. Masing-masing dikelilingi tembok batu yang membatasinya. Jadi tak ada ruginya main ke kota tua Yerusalem ini!

3. Bukit Zaitun

Pegunungan satu ini dinamakan Bukit Zaitun karena terdapat kebun zaitun di lerengnya. Pegunungan yang terletak di bagian timur Kota Yerusalem ini memiliki 3 puncak yang terbentang dari utara hingga ke bagian selatan.

Di antaranya, puncak yang paling tinggi bernama At-Tur, yang memiliki tinggi sekitar 818 meter.  Omong-omong, sda yang sudah pernah coba buah zaitun belum?

4. Museum Menara Daud/ Tower of David Museum

Suka sejarah? Pas banget nih kalau kamu mengunjungi museum yang satu ini. Menara Daud atau biasanya dikenal dengan Tower of David Museum ini akan memberikan banyak informasi mengenai sejarah  Kota Yerusalem.

Setiap malamnya, akan ada pertunjukan cahaya yang tentu sangat indah untuk disaksikan. Dijamin kamu gak bakal bosan deh berkunjung di museum ini.

5. Terowongan Barat/ The Western Wall Tunnels

Begitu memasuki kawasan ini, kamu akan terpukau dengan kuatnya fondasi terowongan satu ini. Di ujung terowongan, kamu akan menyaksikan bagaimana proses pembangunan terowongan ini dengan menggunakan sentuhan animasi yang sangat menarik.

Kamu akan mengetahui bagaimana cara mereka membuat batu fondasi, serta cara menaikkan batu-batu itu, sehingga menjadi tembok barat yang kokoh.

6. Via Dolorosa

Bagi umat Kristiani, Via Dolorosa atau yang biasa disebut “jalan penderitaan” ini tentu sudah tak asing lagi. Jalan inilah yang menjadi saksi biksu di mana Yesus menjalani hukuman dari Pontius Pilatus untuk disalibkan di Golgota.

Jalan ini menghubungkan ke banyak situs-situs terkenal seperti Praetorium, Gereja Makam Kudus, dan situs terkenal lainnya. Untuk menyusuri jalan ini, kamu disarankan untuk mengenakan sepatu yang nyaman mengingat perjalanannya agak jauh.

7. Temple Mount

Tempat ini merupakan salah satu tempat paling suci di Yerusalem bagi orang Yahudi dan Muslim. Orang Yahudi percaya bahwa bagian dari kota tua ini adalah tempat peristirahatan kehadiran Ilahi di bumi dan sumber debu yang digunakan untuk menciptakan Adam.

Sedangkan, bagi umat Muslim, mereka percaya bahwa Muhammad naik ke surga dari tempat ini. Temple Mount juga merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Yerusalem.

Baca juga: Ngeri! Tak Banyak yang Tahu, Sepanjang Lereng Gunung Everest Dipenuhi Ratusan Mayat Beku

Demikianlah 7 tempat di Yerusalem yang wajib harus kamu kunjungi karena nilai-nilai sejarahnya yang sarat. Tak seperti ekspektasi, dijamin kamu akan betah berkunjung ke sana, gak pengin pulang deh.