Mengejutkan! Sopir Truk Mengaku Merasa Aman jika Pasang Foto Iwan Fals, Ternyata…


    SURATKABAR.ID – Cerita mengejutkan datang dari musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals. Ia mengisahkan pengalamannya bahwa pernah seorang sopir truk mengaku merasa aman di jalan dengan memasang foto Iwan Fals.

    Dilansir dari laman tribunnews.com, hal tersebut Iwan ungkapkan di acara konferensi pers #FusoKontribusi, Program Kepedulian Terhadap Sopir Truk yang diselenggarakan oleh PT Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB) di Jakarta, baru-baru ini.

    “Saya ketemu sopir truk di Sumatera, dia bilang, ‘Pasang foto Bang Iwan, saya merasa aman di jalan, bang,’” kisah Iwan menirukan sang sopir yang ditemuinya di era 1990-an.

    Sosok Iwan Fals yang melegenda memang tak bisa dilepaskan dari banyak kalangan, termasuk sopir truk. Tidak sedikit kita temui di jalan, logo OI (orang Indonesia), sebutan untuk fans Iwan Fals, terlukis besar di badan mobil truk. Bahkan tak sedikit foto wajah Iwan Fals sendiri yang terpampang di mobil truk.

    Baca Juga: Para Kiai Gerah, PKB Ancam Cabut Dukungannya dari Ridwan Kamil

    Kehidupan sopir truk yang mengahabiskan banyak waktu di jalan pun dirasa tak bsia lepas dari musik. Tak jarang pula di kabin para pengemudi truk ini berderet koleksi lagu-lagu Iwan Fals untuk menemani perjalanan mereka.

    Lagu-lagu Iwan yang bertemakan atau berbicara soal kehidupan sosial atau rakyat kecillah yang membuat dirinya tak bisa dilepaskan dari kehidupan sopir truk. Dari pengalamannya, Iwan pun tak mengelakkan hal itu. Iwan pun sedikit menceritakan bagaimana kerasnya kehidupan sopir truk.

    “Saat melakukan perjalanan darat di Pekanbaru, saya pernah transit di sebuah rumah makan, saya ketemu bale-bale besar, ada bantal panjang. Ternyata itu dipakai untuk istirahat sopir truk. Mereka juga pernah saya temukan biasa beristirahat di bawah kolong truk,” katanya.

    Masih dikutip dari tribunnews, sosok Iwan dan sopir truk ini diangkat seiring diadakannya sebuah program kepedulian terhadap sopir truk yang diselenggarakan PT Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB) dengan tajuk #FusoKontribusi.

    Direktur Marketing KTB, Duljatmono, menyatakan bahwa melalui #FusoKontribusi, Program Kepedulian Terhadap Sopir Truk, pihaknya ingin berkontribusi membantu kehidupan para sopir truk melalui pemberian beasiswa kepada 10 siswa di 10 kota.

    Di 10 kota itu pula, Iwan fals bakal tampil dalam konser roadshow-nya. Konsernya sendiri diberi tajuk, “Kontribusi Untuk Negeri, Perjalanan Sejuta harapan”. Kesepuluh kota itu ada di Pulau Jawa dan Bali.

    “Saat ini kita berikan kepada anak sopir truk yang selama ini berkontribusi bagi pembangunan Indonesia. Kegiatan ini akan terus kita kembangkan ke depan. Kita mulai dari roadshow ini di 10 kota. Kita ingin berikan beasiswa yang benar-benar signifikan, bukan banyaknya jumlah, tapi kualitas,” imbuh Duljatmono dalam konferensi persnya.

    Untuk menyeleksi putra-putri para sopir truk, Duljatmono menjelaskan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan diler Fuso di daerah.

    “Sebesar apa kontribusi sopir ini, termasuk kriteria latar belakang ekonominya,” katanya.

    Duljatmono pun menegaskan bahwa program itu lahir sebagai ungkapan rasa syukur pihaknya atas pencapaian penjualan truk Fuso yang mencapai 1 juta unit di Indonesia.

    Baca Juga: Berawal dari Laporan Dedi Mulyadi, Golkar cabut Dukungan pada Ridwan Kamil

    “Hal ini tak lepas dari kontribusi para sopir truk selama ini. Alhamdulillah, sampai bulan November ini, kami masih menjadi market leader dengan pangsa pasar 45,1 persen. Untuk tipe Colt Diesel, pangsa pasar kami 58,5 persen. Naik dari tahun lalu, 55 persen,” pungkas Duljatmono.