Ngeri! Napi DKI Jakarta Bikin Senjata Tajam di Penjara dengan Benda-Benda Tak Terduga


SURATKABAR.ID – Sepanjang tahun ini, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta melakukan operasi penggeledahan terhadap para napi di rumah tahanan dan lembaga pemasyarakatan.

Di dalam operasi yang digelar oleh Satuan Petugas Keamanan, Ketertiban, dan Pencegahan Pemberatasn Penyalahgunaan Gelap Narkoba (P4GN) itu diamankan berbagai bentuk senjata tajam buah ‘kreatifitas’ para narapidana.

“Kalau untuk sajam (senjata tajam) yang kami sita itu adalah sajam yang orang lain tidak pikirkan menjadi sajam,” kata Syifa Shalehuddin, Kepala Sub Bidang Keamanan Kanwil Kemenkum HAM DKI Jakarta, sebelum pemusnahan barang hasil razia di Park Hotel, Jakarta Timur, hari ini, Kamis, (14/12/2017), seperti yang diwartakan oleh metro.tempo.co

Baca juga: Ada Warganet Tanya Begini Tentang Agama Islam, Jawaban Mahfud MD Cerdas Bikin Adem!

Bagaimana tidak kreatif, ada sikat gigi yang fungsinya menggosok gigi ‘disulap’ menjadi senjata tajam. Tak berhenti di situ saja, ada sajam yang terbuat dari gagang sendok stainless yang diasah, gunting yang dimodifikasi menjadi pisau, bahakn bekas korek api gas yang dijadikan gagang senjata tajam.

“Bayangkan, bagaimana sikat gigi yang fungsinya untuk membersihkan gigi, kok bisa menjadi sajam,” tutur Syifa lagi.

Berdasarkan keterangan dari Syifa, senjata-senjata tersebut ternyata dibuat napi sebagai pelindung diri jika ada ancaman atau serangan dari pihak lain. Maka dengan kreatifitas masing-masing, barang sehari-hari pun diubah menjadi senjata tajam. Kreatif bukan main.

Selain senjata tajam, pihaknya juga memusnahkan barang-barang elektronik seperti halnya handphone, charger, rice cooker, headset da juga dispenser. Barang-barang itu disita 19 kali penggeledahan dari tangan napi yang dilakukan Satgas Kamtib dan P4GN Kanwil Kemenkum HAM DKI Jakarta.

Baca juga: Astaga! Digerebek Suami Tengah Begituan dengan Selingkuhan, Alasan Istri Main Serong Bikin Muntab

Dengan banyakanya temuan tersebut, sepertinya perlu secara rutin dilakukan operasi penggeledahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti yang kita ketahui, sajam sangat berbahaya jika digunakan untuk hal-hal yang tidak semestinya.