Setya Novanto Bungkam Selama Sidang, #KaloAkuJadiHakim Langsung Viral


SURATKABAR.ID – Setya Novanto merupakan salah satu tokoh politik yang paling disorot netizen beberapa bulan belakangan. Beragam meme dan sindiran beredar luas di media sosial.

Mulai dari kasus saham yang viral dengan tagar #PapaMintaSaham, hingga tagar #SaveTiangListrik karena kecelakaan antara mobil Fortuner yang ditumpangi Novanto dengan sebuah tiang listrik di pinggir jalan.

Kali ini, Novanto kembali menjadi sorotan karena terus bungkam selama sidang berlangsung. Novanto yang mengaku sakit, sama sekali tak merespon hakim.

Meski hakim terus bertanya mengenai identitasnya, Novanto hanya tertunduk tanpa memberikan jawaban sepatah kata pun. Videonya pun viral dan jadi perbincangan netizen. Gara-gara proses sidang yang berlangsung aneh ini, netizen pun kembali ramai di Twitter.

Baca juga: Fahri Hamzah Mengaku Mirip AM Fatwa. Soal Apa?

Kali ini mereka menggunakan tagar #KaloAkuJadiHakim untuk menyoroti aksi Novanto. Tagar ini pertama kali dibuat oleh akun @makmummasjid dan langsung menjadi trending topik. Netizen pun beramai-ramai menuliskan cuitan dengan membubuhkan tagar tersebut.

Salah satunya adalah cuitan yang dituliskan oleh Jampit L.S.Pamungkas dengan akun @Jampit_.

hakim: apa benar identitas yang saya sebutkan adalah identitas anda?
SN: ……
hakim: saya tanya sekali lagi, apa benar?
SN: …..
hakim: Jama’ahhhhh???
SN : eeee jama’ahhhh, alhamdulillahhh..” tulisnya, seperti dilansir tribunnews.com.

Selain itu, banyak cuitan lain yang isinya mengocok perut, mulai dari lagu Tak Tun Tuang yang dibawakan Upiak Isil, hingga menyebut nama Limbad.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku menikmati drama yang tengah dilakukan Novanto. Bahkan, selama sidang beberapa Jaksa KPK tampak tersenyum bahkan menahan tawa.

Baca juga: Mengherankan! Tiga Nama Politikus PDIP Hilang dari Dakwaan Setya Novanto

“Kami menikmati apa yang dilakukan terdakwa. Dan skenario yang dilakukan terdakwa sudah kami pikirkan sebelumnya,” tutur Jaksa Irene Putri ketika istirahat salat asar dan maghrib.

Pasalnya, tiga dokter spesialis dari RSCM dan dokter KPK yang memeriksa Novanto menyatakan bahwa hari itu kondisi terdakwa sehat dan siap menjalani persidangan.