3 Kali Bungkam, Setnov Baru Buka Mulut Saat Hakim Pengadilan Tipikor Beri Pertanyaan Ini


SURATKABAR.ID – Sidang perkara korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) yang berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Rabu (13/12), membuat Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pun bertanya-tanya terkait kesehatan tersangka Setya Novanto.

Hal tersebut dikarenakan politisi senior dari Partai Golkar tersebut hanya membungkam selama mendapatkan pertanyaan dari Hakim Yanto. Dan itu berlangsung sejak persidangan akan dimulai, seperti yang dilansir dari laman Tempo.co.

Awalnya Hakim Yanto menanyakan nama terdakwa Setya Novanto yang hanya terdiam tanpa mengeluarkan sepatah kata pun. Demikian juga pertanyaan, “Apakah bisa mendengar suara saya?” Tak ada jawaban yang keluar dari mulut Novanto. Pertanyaan tersebut bahkan sampai diulang tiga kali.

Baru pada pertanyaan keempat yang diajukan oleh hakim, Setya Novanto baru membuka suara. Lantaran insiden bungkamnya tersangka, Hakim Yanto akhirnya bertanya pada Jaksa KPK terkait kesehatan Novanto sebelum menjalani persidangan tersebut.

Baca Juga: Menyibak Fakta! Negara Asal Pemasok Senjata dan Uang untuk Gerakan Papua

“Sudah diperiksakan ke dokter, Yang Mulia. Kami membawa dokter yang memeriksa kesehatan terdakwa,” jawab Jaksa KPK Irene Putri, menanggapi pertanyaan Hakim Yanto mengenai ihwal kesehatan tersangka Setya Novanto, seperti yang dikutip dari laman Tempo.co, Rabu (13/12/2017).

Menurut penuturan Irene, dokter telah memeriksakan kesehatan Setya Novanto sebelum dibawa ke Pengadilan Tipikor. Meski sempat mengeluh sakit, namun berdasarkan hasil pemeriksaan, kondisi kesehatan Setya Novanto dalam kondisi tekanan darah normal, yakni pada kisaran 110/80.

Usai mendapatkan jawaban tersebut, Hakim Yanto kembali mengulang pertanyaan mengenai nama dan kondisi kesehatan kepada Setya Novanto, “Apakah Saudara mendengar suara saya?”, yang ternyata tetap saja masih ditanggapi oleh Novanto tanpa sepotong kata sama sekali.

Baca Juga: Tak Berniat Ikut Mempersekusi Ustadz Somad, Ini Petisi yang Dikeluarkan Laskar Bali

Terkait kondisi kesehatan Setya Novanto, dokter Rumah Tahanan KPK, Johannes Hutabarat membenarkan bahwa sebelumnya ia telah melakukan pemeriksaan terhadap Novanto. Menutur pernyataannya, Johannes memeriksa Novanto pada pukul 08.00 WIB.

Ketika menjalani pemeriksaan kondisi kesehatan, diungkapkan Johannes bahwa Setya Novanto dapat memberikan jawaban dengan sangat lancar. “Terdakwa menjawab dengan lancar,” demikian tutur Johannes.