Sosok Inspiratif, Begini Perjuangan Difabel Ini Jadi Driver Ojek Online Meski Duduk di Kursi Roda


SURATKABAR.ID – Masih begitu banyak penyandang difabel yang meskipun mereka harus hidup dengan berbagai keterbatasan, namun sumber semangat mereka justru jauh lebih tinggi daripada orang dengan kesempurnaan fisik.

Itulah yang dibuktikan oleh seorang pria bernama Dede Atmo Pernoto, seorang difabel yang memutuskan untuk tidak hanya diam berpangku tangan menantikan belas kasih dari orang lain demi bertahan hidup dan memilih bekerja sebagai driver ojek online, seperti diwartakan Detik.com.

Pria asal Karangjati Tarub, Tegal, Jawa Tengah ini biasa menggunakan kursi roda untuk aktivitasnya sehari-hari. Dan saat menjadi pengendara ojek online, bapak yang akrab disapa Dede Yusuf ini pun memodifikasi motornya menjadi motor roda tiga.

“Kebetulan waktu itu, saya ada rezeki, saya buat motor roda tiga ini. Alhamdulillah nggak lama dipanggil kerja di Go-Jek,” tutur pria yang mengaku membuat motor roda tiga tersebut sejak jauh hari sebelum jadi driver ojek, seperti dikutip dari laman Detik.com, Selasa (12/12/2017).

Baca Juga: Terungkap Sudah! Ini Alasan Jam yang Dipajang di Toko Selalu Menunjukkan Angka 10:10

Dede mengisahkan bahwa setiap penumpang pasti langsung terkejut melihat kendaraan roda tiga yang dibawanya. Meski banyak yang memutuskan untuk membatalkan orderan lantaran ragu dengan kemampuan berkendaranya, tapi banyak penumpang yang sengaja melebihkan ongkos pada Dede.

Hanya dengan bekerja sebagai driver ojek online, Dede mengaku dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Bahkan ia juga sanggup menyisihkan sebagian pendapatannya untuk biaya pendidikan anak-anaknya hingga ke bangku perguruan tinggi.

“Anak saya harus lebih dari saya. Dengan adanya saya bermitra dengan Go-Jek saya bisa menabung untuk masa depan anak-anak saya nanti. Ya, jangan sampai seperti bapaknya. Sekolah yang tinggi dan jadi orang berguna untuk orang banyak,” ujarnya lebih lanjut.

Baca Juga: Waspada! Bisa Mematikan, Ternyata Tanaman Murmer Ini Diklaim Dapat Mengobati Wabah Difteri

Melalui kisahnya, Dede membuktikan bahwa terlahir dengan keterbatasan fisik tidak pantas dijadikan penghalang seseorang untuk tetap berjuang demi orang-orang yang mereka cintai. Pria yang pernah bekerja berjualan rokok, pakan burung dan penyemir sepatu ini bahkan pernah diprotes. Tetapi ia menjawab dengan bukti bahwa ia juga bisa berhasil.