Cermati! 10 Kebiasaan Ini Bikin Ginjal Rusak, Nomor 2 dan 3 Banyak yang Sering Melakukannya


SURATKABAR.ID – Salah satu organ yang tergolong penting dalam tubuh manusia adalah ginjal. Merupakan bagian dari sistem urin, ginjal memiliki fungsi menyaring kotoran yang terkandung di dalam darah dan kemudian membuangnya ke luar tubuh.

Jika ginjal tak berfungsi dengan baik, maka akan mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Pasalnya penderita harus rutin melakukan cuci darah. Bahkan yang lebih parah, mereka harus melakukan pencangkokan ginjal.

Untuk menjaga kesehatan ginjal, salah satunya adalah dengan menghentikan berbagai kebiasaan sehari-hari yang dapat membuat organ satu ini mengalami kerusakan parah. Berikut ini 10 kebiasaan buruk penyebab kerusakan ginjal, seperti dilansir Tribunnews.com:

Konsumsi Alkohol Berlebihan

Jika Anda mengkonsumsi alkohol lebih dari segelas setiap hari dalam jangka waktu panjang, dapat meningkatkan risiko rusaknya ginjal. Pasalnya alkohol dapat membuat ginjal dan juga organ hati bekerja lebih keras.

Baca Juga: Menarik! Menteri Susi Singgung PDIP dan Golkar di Depan Pengusaha Ikan, Apa Katanya?

Menahan Buang Air Kecil

Enggan beranjak dari posisi untuk buang air kecil menjadi kebiasaan yang dimiliki kebanyakan orang di era modern. Alasannya karena terlalu sibuk mengerjakan sesuatu. Padahal ini dapat meningkatkan beban kerja ginjal yang kemudian mengakibatkan timbulnya batu ginjal hingga gagal ginjal.

Kurang Asupan Cairan Harian

Minum air terlalu sedikit juga bisa berakibat tubuh tak dapat mengekskresikan kotoran maupun racun. Akibatnya di dalam ginjal akan terbadi penumpukan kotoran dan hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakap pada ginjal.

Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Berdasarkan penelitian, seperti yang dilansir dari laman Tribunnews.com, Minggu (3/12/2017), orang yang biasa minum lebih dari dua gelas minuman manis setiap harinya, berisiko lebih besar memiliki kandungan protein pada urine. Ini adalah gejala awal ginjal tal lagi berfungsi dengan baik.

Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Sama halnya dengan kebiasaan mengkonsumsi gula, terlalu banyak asupan garam dalam tubuh dapat menjadi alasan utama terjadinya kerusakan pada ginjal. Pasalnya ginjal harus bekerja lebih keras untuk meningkatkan tekanan darah.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Meninggal Dunia, Ternyata Begini Kondisi Terbaru Edison Wardhana

Kurang Tidur

Tingginya tuntutan hidup menyebabkan banyak orang mengurangi kebutuhan tidur harian mereka. Padahal kurang tidur merupakan salah satu faktor penyebab kerusakan kronis pada ginjal. Untuk mengembalikan fungsi normal ginjal, tubuh perlu asupan tidur yang cukup di malam hari.

Kekurangan Vitamin dan Mineral

Yang perlu diketahui tentang kinerja ginjal dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Apabila tubuh kekurangan vitamin dan mineral penting, maka organ-organ di dalam tubuh pun akan mustahil dapat bekerja dengan semestinya.

Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Meskipun nikmat dan dapat memberikan efek menenangkan bagi pikiran, namun sebenarnya terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat mengakibatkan terjadinya tekanan berlebih pada ginjal dan nantinya meningkatkan risiko tekanan darah. Kerusakan ginjal adalah risiko terburuk jangka panjang.

Menyalahgunakan Obat Pereda Nyeri

Sejumlah obat pereda sakit atau nyeri mengandung beberapa senyawa kimia yang cukup berbahaya dan dapat mengakibatkan timbulnya penyakit komplikasi. Dan salah satu efek samping dari penggunaan obat pereda nyeri adalah kerusakan ginjal dan juga hati.

Baca Juga: Wanita dengan Masalah Kejiwaan Digagahi Hingga Hamil, Kesaksian Bidan Ini Bikin Trenyuh

Berlebihan Konsumsi Protein Hewani

Terlalu berlebihan mengkonsumsi protein hewani, seperti yang didapatkan dari daging merah dapat menyebabkan ginjal harus beroperasi lebih keras. Meskipun daging merah baik untuk kesehatan, namun sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsinya.