Monas Tetap Bersih Usai Ditinggal Pergi Massa Reuni 212, Wiranto Berikan Apresiasi


SURATKABAR.ID – Pada Jumat (1/12/2017), massa alumni Aksi 212 tampak memadati Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta untuk bereuni. Beberapa jam diduduki massa, rupanya kebersihan Monas tetap terjaga dan rumput serta bunga-bunga di taman juga masih tertata rapi. Wiranto selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) mengapresiasi seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan reuni alumni 212 tersebut, karena sudah berjalan dengan lancar dan tertib.

Seperti dikutip dari laporan Okezone.com, Minggu (3/12/2017), hal itu terlihat setelah massa meninggalkan Monas usai agenda reuni berakhir, Sabtu (2/12/2017) siang.

Serupa dengan aksi-aksi bertajuk bela Islam yang marak terdahulu saat menjelang Pilkada DKI Jakarta 2017, massa selalu memungut sampah-sampah usai aksi berlangsung. Kebiasaan itu pun terulang saat reuni 212.

Berdasarkan pantauan tim wartawan, usai aksi berakhir massa ikut memungut sampah-sampah-sampah seperti plastik, kertas, botol minuman lalu memasukkannya ke kantong hitam.

Baca juga: Ahmad Dhani Akui Reuni 212 Bermuatan Politik, Fadli Zon Bantah Politisasi

Sementara saat aksi berlangsung, massa juga sudah diinstruksikan untuk menginjak rumput dan merusak taman.

Tim yang menamakan dirinya Laskar Pembela Islam (LPI) ditugaskan untuk menjaga rumput-rumput di Monas agar tidak diinjak-injak oleh massa.

“Dilarang untuk menginjak-injak rumput, Mas,” tandas Eko, seorang anggota LPI saat ditemui di kawasan Monas.

Apresiasi Wiranto

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto mengapresiasi seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan reuni alumni 212. Acara yang berlangsung di lingkungan Monas sudah berjalan dengan lancar dan tertib.

“Saya kira reuni alumni 212 sudah berlangsung dengan tertib, untuk itu kita berterimakasih kepada peserta yang telah melakukan suatu kegiatan dengan tertib, sesuai dengan harapan kita bahwa perjuangan kita bersama adalah perjuangan untuk Indonesia,” urainya saat ditemui tim wartawan di Pangkalpinang, usai menghadiri acara Kejurnas PBSI 2017, Sabtu (2/12/2017).

Wiranto menuturkan, kegiatan tersebut merupakan perjuangan bersama, bukan perjuangan untuk siapa saja.

“Karena itu kita lanjutkan perjuangan kita sebagai bangsa. Mudah-mudahan ke depan nanti lebih banyak energi kita, yang kita arahkan untuk hal positif, bermanfaat dalam menanggulangi berbagai macam masalah di Republik Indonesia,” harap Wiranto.

“Karena sekarang ini kita banyak mengalami musibah, semoga energi kita bisa gunakan fokus bagaimana musibah itu bisa kita hadapi bersama,” tandasnya lagi.

Baca juga: Tes Produk Baru, Ini Kelebihan Bright Gas Elpiji Nonsubsidi 3 Kg

Wiranto yang juga merupakan Ketua Umum PBSI sedang datang berkunjung ke Bangka Belitung, dalam rangka menghadiri event gelaran Kejurnas Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) 2017 yang berlangsung di GOR Sahabudin, Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung.