Dirasa Banyak Mudaratnya, Ma’ruf Amin Tegaskan 212 Sudah Selesai


    SURATKABAR.ID – Ketua Majelis Ulama Indonesia, KH Ma’ruf Amin, menegaskan bahwa kegiatan reuni akbar 212 di lapangan Monas tak perlu diselenggarakan. Ia menilai isu utama yang diusung 212 lalu pun sudah selesai. Ma’ruf pun menyarankan lebih baik menggelar kegiatan Maulid Nabi saja.

    “Saya sudah bilang beberapa kali bahwa 212 itu sudah selesai. Masalah yang diusung 212 sudah selesai. Karena itu, tidak perlu lagi dihidup-hidupkan 212. Lebih baik acara seperti ini (Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan Majelis Rasulullah), mengutuhkan bangsa dan umat serta mengajak kita mempererat persatuan,” ujar Ma’ruf Amin di Monas, Jumat (1/12/2017), dikutip dari tempo.co.

    Lebih lanjut Ma’ruf mengungkapkan, acara reuni alumni 212 justru bakal memunculkan provokasi dan menumbuhkan rasa saling curiga. Sementara di era sekarang, ia berharap masyarakat mengubah persepsi untuk jangan menghidup-hidupkan sesuatu yang sebenarnya sudah selesai.

    “Masalahnya sudah selesai, kok, malah dihidup-hidupkan lagi? Untuk apa, untuk apa itu? Tidak perlu lagi, menurut saya,” imbuh Ma’ruf.

    Dikutip dari tribunnews.com, Ma’ruf juga mengatakan, “Menurut saya itu memunculkan provokasi dan menimbulkan saling mencurigai. Kita harap masyarakat mengubah persepsi untuk jangan menghidup sesuatu masalahnya yang sudah selesai, tidak usah dihidupi lagi.”

    Bahkan Ma’ruf merasa bahwa acara reuni akbar 212 tidak bersifat seperti tausiyah sebagaimana mestinya.

    “Acara seperti itu menimbulkan kritik tajam, sifatnya seperti orang bukan tausiyah, tapi sifatnya lebih ke agitasi,” kata Ma’ruf di Monas, Jumat (1/12/2017), dikutip dari tribunnews.com.

    Baca Juga: Amien Rais Sindir “Kecebong” Lewat Pidatoya di Aksi Alumni 212

    Sebaliknya, Ma’ruf pun menganjurkan kepada masyarakat, khususnya yang akan ikut aksi reuni akbar 212, untuk menyelenggarakan kegiatan seperti Maulid Nabi Muhammad SAW.

    “Karena Maulid Nabi di sini berzikir, bertasbih. Ini acara luar biasa, yang hadir banyak sekali, tidak ada agitasi, benar-benar tausiyah, mengajak kepada kebaikan, dan memerintahkan melakukan kebaikan, meninggalkan kemungkaran, membangun keutuhan, menjaga kesatuan, jangan dirusak. Forum seperti ini yang harus dibangun,” tandas Mau’ruf.

    Rencananya, acara reuni akbar alumni 212 akan dihelat di Lapangan Medan Merdeka, Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2017).