Sekilas Bikin Netizen Geram, Ternyata Fakta Foto Ibu Berdiri Gendong Anak di KRL Ini Tak Seperti yang Terlihat


    SURATKABAR.ID – Foto memang mampu mengungkapkan banyak hal. Meski demikian, terkadang apa yang terjadi tidak seperti yang terlihat. Seperti yang terjadi baru-baru ini, sebuah foto tersebar di dunia maya dan membuat netizen kesal dan menjadi viral. Foto tersebut memperlihatkan ada seorang ibu menggendong anaknya berdiri di dekat pintu kereta. Sementara itu, ada seorang pria terlelap tidur duduk di kursi penumpang KRL.

    Kebanyakan netizen geram karena telah berasumsi bahwa pria tersebut tidak memberikan tempat duduknya bagi si ibu. Apalagi mengingat memang ada peraturan di angkutan umum bahwa ibu yang membawa anak-anak diberikan prioritas lebih untuk duduk.

    Seperti dikutip dari reportase Tribunnews.com, Kamis (30/11/2017), akun Twitter yang mengunggah foto tersebut juga menuliskan pernyataan bernada negatif dan provokatif sebelum membeberkan fakta sebenarnya.

    “Seorang ibu lagi gendong anaknya, dan cowo lagi asik tidur di kursi prioritas. Gak tahu diri ya?” demikian penggalan kicauan akun Twitter @DodiBaadilla, Rabu (29/11/2017).

    Baca juga: Tegas! Soal Praperadilan Jilid II Setnov, Fahri Hamzah: Hukum Tak Boleh Dikotori Sensasi atau Persepsi

    Akhirnya, beberapa netizen yang hanya melihat sekilas foto tersebut otomatis langsung berpikir buruk terkait potret itu.

    @lalalilulo: Bangunin aja kali tu laki, drpd rempong foto, masukin sosmed, action speak louder than babbling on socmed geez.

    @AldwinFauzan: Kalo memang kejadiannya seperti itu, alangkah baiknya daripada ngambil foto mending ingatkan mas2 yg duduk untuk memberikan bangku prioritas pada yang butuh.

    @aldobara29: Super jelas, mas. Klo cuma foto doang mungkin bisa mispersepsi. Mngkn selain pria, para wanita hrsnya bs berempati sm keadaan kyk gini atau ktmu ibu2 tua. Srg sy lihat, msh muda dan atribut sungguh agamis. Tp ktmu ibu2 atau org kbtuhan khsus, diam saja dan acuh.

    @iqbalariefandi: Menurut saya idealnya tetap bangku prioritas dikosongkan. sehingga ketika pihak yang diprioritaskan ada didalam krl tinggal langsung duduk menuju tempat prioritas.

    @Viva_Arthabuana: Ada baiknya si ibu membangunkan mas nya utk gendong bayinya.. Dan si ibu bisa duduk istirahat.

    Namun kemudian, tak diduga, tulisan selanjutnya lantas membeberkan fakta yang sesungguhnya.

    “Ibu tersebut memang menolak duduk karena ingin menidurkan anaknya yang rewel. Foto hanya memiliki satu view tapi bisa memunculkan banyak review,” tulisnya.

    Sontak netizen yang membaca lengkap kicauan akun tersebut berhambur menceritakan pengalaman serupa. Ada yang pernah mengalami hal yang sama seperti posisi ibu tersebut. Ada juga yang menjadi penumpang yang menawarkan kursi namun kemudian ditolak ibu-ibu yang bawa anak atau bahkan ditolak orang tua.

    Berikut ini komentar para netizen.

    @tjuonk: Kejadian yg sama, dg istri saya, lagi gendong anak 4 bulan, tp memang anaknya gak mau, kalo duduk dianya nangis, jd pas banyak yg nawarinpun gak mau, malah kita sibuk nolakin org yg nawarin.

    @octadilaily: Saya pernah, jd si ibu anaknya rewel kl duduk jd dia berdiri, kursinya dikasih ke saya yg berdiri dr depok
    tp orang2 ngeliatin aku jadinya
    tiap orang yg baru naik pun
    si ibu jd kasian nenangin anaknya + nolak tawaran + jelasin ke orang2.

    @Kang_Ment: Tapi biasanya kalo buibu yg bawa anak apalagi anaknya lagi nangis jarang yang mau duduk bang, yg ada anaknya nangis tambah kencang

    @yulga1028: Saya juga pernah menawarkan tempat duduk saat pulang kesolo menggunakan pramek,si ibu menolak karena ank menangis jk siibu duduk,,,baru bisa duduk ketika anak sudah terlelap di gendongan siibu.

    Baca juga: Menyentuh! Ahmad Dhani Jadi Tersangka, Begini Tangisan Mulan Jameela

    @ekagibran: Bener tuh. Ane sering di bus ada org usia lanjut, menolak diberi tmpt duduk karena cuman naik beberapa stop, lebih praktis berdiri. Kalo difoto, mesti aneh kelihatannya.