13 Perusahaan Akan PHK Massal. Tempatmu Bekerja?


korban phk perusahaan bangkrut bekasi

Beberapa perusahan basar di Indonesia dikabarkan tutup. Panasonic dan Thosiba berancang-ancang untuk hengkang dari Indonesia. Dampak terburuk dari tutupnya perusahaan tersebut adalah adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran.

Rencana penutupan usaha PT Panasonic Lighting di Cikarang, Jawa Barat, dan Pasuruan, Jawa Timur, serta PT Toshiba Indonesia di Cikarang akan berdampak pada pemutusan hubungan kerja ribuan pekerjanya.

“Sekitar 2.500 pekerja akan di-PHK,” ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam konferensi pers di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta, Selasa (2/1/2016), dilansir dari kompas.com.

Said lantas merinci, ribuan pekerja itu terdiri atas sekitar 1.700 anggota KSPI di PT Panasonic dan 970 anggota KSPI di PT Toshiba. Ia merinci, sebanyak 600-700 pekerja dari Panasonic Lighting Pasuruan di-PHK pada periode Desember 2015-Januari 2016.

Sementara itu, Panasonic Lighting Cikarang-Bekasi, sejumlah 900-1.000 karyawan di-PHK untuk periode Januari 2016 sampai dengan Maret 2016.

Dikesempatan lain, dari Jawa Pos dilaporkan bahwa Said Iqbal mengatakan, pihaknya bakal bergabung dengan Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) untuk menggelar aksi di istana presiden. Aksi tersebut bakal gelar secara besar-besaran pada Sabtu (6/2/2016) ini. Massa yang bakal diturankan ke jalan diperkirakan mencapai 20 ribu orang.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>


1
2
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaMeskipun Populasinya Semakin Menurun, Tapi Jelang Imlek Ikan Hiu Malah Semakin Diburu
Berita berikutnyaIni Jawaban Ahok Saat Ditanya Soal RS Sumber Waras