Rayakan Hari Pahlawan 2017, Anies: Kita Kembalikan Monas sebagai Alun-alun Berkumpulnya Warga


    SURATKABAR.ID – Seiring dengan pergantian gubernur dan wakil gubernur ibukota, maka berganti juga berbagai peraturan termasuk sejumlah kebiasaan. Seperti digelarnya acara Kirab Kebangsaan yang di Lapangan Silang Monas Barat, ini menjadi penanda bahwa kawasan Monas kini terbuka digunakan untuk berbagai kegiatan. Seperti dituturkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kini warga bisa menggunakan Monas untuk kegiatan kebudayaan dan kesenian.

    “Kita kembalikan Monas sebagai alun-alun tempat berkumpulnya warga Jakarta. Biarkan dia pagi, sore, malam muncul atraksi budaya dan seni di tempat ini,” demikian Anies menuturkan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/11/2017), seperti dilansir dari laman Kompas.com.

    Tari kolosal massal yang digelar di Lapangan Silang Monas Barat hari ini, Minggu (26/11/2017), mendapat pujian dari Anies. Ada 12.000 orang yang bergabung dan menari bersama dalam acara tersebut.

    Anies menambahkan, ia tak ingin Jakarta hanya sekadar menjadi tempat bagi warga untuk mencari nafkah. Cucu dari pejuang Abdurrahman Baswedan tersebut justru ingin agar beragam kebudayaan dan kesenian bisa berkembang di Ibu Kota. Monas pun dibuka agar kesenian itu bisa berkembang.

    Baca juga: Prestasi Emil Dardak Jauh di Bawah Anas, Pengamat Politik: PDIP Tak Usah Cemas

    “Pawai tadi hadir dari seluruh Indonesia, termasuk atraksi anak-anak ‘zaman now‘. Ada yang main bola, main sepeda BMX, tetapi ada juga reog ponorogo. Semua berjajar di sini. Dan, yang paling banyak adalah Jakmania, tepuk tangan buat Jak,” urai Anies.

    Rayakan Hari Pahlawan 2017

    Anies menambahkan, kirab ini akan diselenggarakan secara rutin. Kirab Kebangsaan yang pertama ini digelar untuk merayakan Hari Pahlawan 2017.

    Berbagai pertunjukan kesenian digelar agar warga berkumpul untuk mengingat jasa pahlawan.

    “Jika mereka (pahlawan) bisa melihat, insya Allah mereka bangga melihat Bapak-Ibu yang kumpul di Monas,” pungkas Anies.

    Istri Sandi dan Sylviana Murni Ikut Tari Massal

    Pergelaran Kirab Kebangsaan yang dimulai di Lapangan Silang Monas Barat pada Minggu (26/11/2017) berlangsung dengan meriah. Dinas Pariwisata DKI Jakarta mengajak berbagai macam komunitas turut serta berpartisipasi dalam tari massal di acara tersebut.

    Lapangan Silang Monas Barat dipenuhi dengan penari-penari berpakaian Betawi. Mereka berbaris rapi mempersiapkan penampilan mereka di hadapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

    Nur Asia yang merupakan Istri Sandiaga Uno bahkan ikut ambil bagian dalam tarian itu. Dia dan Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Tinia Budiati, langsung bergabung ke dalam barisan.

    Baca juga: Mengharukan! Nenek Majenah Menangis Saat Rumahnya Dibedah Aparat Cirebon

    Tak hanya itu, juga tampak ikut berbaris bersama Nur Asia dan Tinia, adalah mantan calon wakil gubernur saat Pilkada DKI 2017, Sylviana Murni.