Dugaan Hoax Khasiat Kangen Water, Kemenkes Terbitkan Surat Ini


SURATKABAR.ID – Kembali viral berita heboh soal peredaran surat berita acara pemeriksaan dari Direktorat Jenderal Kefarmasian Dan Alat Kesehatan, Kemenkes RI terhadap PT Enagic Indonesia yang merupakan produsen mesin Kangen Water.

Terutama di Twitter, foto surat tersebut ramai dibahas di media sosial. Menurut surat tertanggal 10 November 2017 tersebut Kemenkes memerintahkan PT Enagic Indonesia agar menarik semua brosur tentang khasiat Kangen Water yang selama ini beredar di masyarakat.

Kurang lebih ada 3 poin penting instruksi Kemenkes untuk perusahaan itu.

Baca juga: Golkar Pertahankan Setnov, PDIP Sebut Itu Melawan Keinginan Publik

Ketiga poin tersebut yaitu:

  1. Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water yang “telah diakui negara” (Kementerian Kesehatan RI).
  2. Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water sebagai “medical device”.
  3. Tidak boleh mengklaim bahwa produk mesin ionisasi (water elekrtolisis) sebagai produk yang dapat “menyehatkan dan/atau menyembuhkan”.

Dalam blogdokter.net seorang dokter rupanya menuliskan tentang kangen water itu sebenarnya apa.

Baca juga: Diduga Terlibat Kasus E-KTP, Istri Setya Novanto Ikut Dicekal KPK

Begini kutipannya:

“Masalah khasiat Kangen Water ini sebenarnya sudah lama saya bahas di Twitter bersama salah satu sejawat disana.

Kangen Water yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit adalah air alkali yang bila diminum akan sama saja dengan air biasa.

Setelah mencapai lambung, air alkali ini akan diasamkan oleh asam lambung sehingga pH-nya akan kembali netral,

Baca juga: Benarkah 2018 Diramalkan sebagai Tahun Gempa? Ini Ulasannya

Untuk kasus kasus tertentu seperti pada penderita maag, air alkali justru memiliki efek buruk yakni merangsang produksi asam lambung yang berlebihan sehingga menyebabkan penyakit maag bertambah parah.

Klaim yang mengatakan setelah minum air alkali akan menyebabkan air kencing menjadi basa. Klaim ini adalah bohong besar.

Bagaimana bisa air alkali yang sudah diasamkan oleh asam lambung bisa kembali alkali setelah tiba di ginjal?

Baca juga: Terungkap! Anies Sebut Tim Gubernur Era Ahok Disokong Swasta

Pada penderita penyakit ginjal terutama batu saluran kemih memang membutuhkan air kencing yang basa, tetapi caranya bukan dengan minum air alkali.

Menurut beberapa testimoni, banyak yang mengatakan bahwa mereka sembuh setelah minum air alkali.

Dalam dunia medis ini disebut dengan istilah “Placebo Effect” yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa awam disebut dengan istilah sugesti.

Baca juga: Mencengangkan, Begini Pekerjaan Setya Novanto Sebelum Jadi Miliuner

Dulu pernah ada cerita, orang bisa sembuh dengan minum air yang dicelupkan batu oleh Ponari, manfaat menyembuhkan dari air alkali mirip seperti itu.

Dengan dikeluarkannya BAP dari Kemenkes RI ini, mudah mudahan bisa membuat kita lebih waspada terhadap penipuan atau hoax yang mengatasnamakan kesehatan.”

Kalau soal harga mesin kangen Water sendiri, pada tahun 2014 harganya ada di kisaran Rp 24,5-70 juta per unit .Beberapa tahun belakangan mesin ini laku keras di Indonesia.

Baca juga: Terus Menerus Pegang Kepalanya, Tak Disangka Bayi Ini Alami Kondisi Serius Begini

Awalnya kangen water atau air alkali ini lebih dulu populer di Jepang. Ion atau air alkali disebutkan bisa memberi manfaat sangat besar terhadap kesehatan. Sebabnya karena kandungan sifat basa yang disebut ada di dalam kangen water.

Sifat basa yang dimiliki kangen water ini diklaim bisa menggantikan cairan tubuh yang terlalu asam akibat pola makan serta gaya hidup. Tetapi, sejumlah ahli kesehatan meragukan klaim tersebut.

Baca juga: Tak Terduga! Mulai dari Darah Manusia Hingga Racun Kalajengking, Inilah Deretan Cairan Termahal di Dunia

Seperti salah seorang ahli gizi bernama Emilia Achmadi. “Mereka tidak menipu, tapi tidak memberikan aspek yang benar,” ujarnya seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Sementara Ketua Indonesian Hydration Working Group Saptawati menyebutkan kalau keampuhan air kangen masih belum bisa terbukti secara ilmiah yakni berdasarkan penelitian.