Videonya Bikin Ngilu! Bocah Ini Punya Jantung Diluar Rongga Dada


SURATKABAR.ID – Kisah menyayat hati datang dari seorang bocah perempuan berusia 8 tahun bernama Virsaviya Borun. Ia memiliki kelainan yang cukup langka dengan tubuhnya, yakni posisi jantung yang berada diluar tulang dadanya.

Seperti diwartakan kompas.com, kondisi Virsaviya ini pertama kali diketahui publik secara luas setelah videonya menjadi viral di Youtube. Pada video yang berdurasi kurang lebih 43 detik tersebut terlihat ada benjolan di dadanya yang berdetak kencang saat bocah perempuan tersebut tertawa.

Pemandangan tersebut sangat mengerikan, sebab jantung Virsaviya hanya dilindungi oleh kulit tipis.

Secara kedokteran, kondisi yang dialami oleh Virsaviya disebut dengan pentalogy of cantrell, yaitu cacat lahir di daerah dada dan perut yang sering menyebabkan jantung berada tepat di bawah kulit seseorang.

Kondisi seperti itu tentu saja tidak sama dengan kondisi manusia pada umumnya di mana jantung berada di dalam rongga dada dan terlindung oleh tulang iga.

Baca Juga: Terus Menerus Pegang Kepalanya, Tak Disangka Bayi Ini Alami Kondisi Serius Begini

National Organization of Rare Disorder (NORD) menyebutkan, gangguan ini bisa termasuk cacat pada diafragma (otot yang memisahkan rongga dada dan perut, red), tulang dada, membran yang melapisi jantung, dinding perut, dan jantung itu sendiri.

“Istilah ‘penta’ dalam kondisi ini berasal dari bahasa Yunani untuk lima. Karena kelainan tersebut mencakup hingga lima kecacatan,” ungkap NORD dikutip dari Live Science, Selasa (21/11/2017).

Akan tetapi NORD menyatakan jika jarang ada yang megalami lima kelainan tersebut sekaligus.

Kasus yang paling parah adalah ketika seseorang yang alami pentalogy of cantrel adalah terlahir dalam kondisi sebagian atau seluruh jantung berposisi di luar rongga dada. Normalnya, rongga dada adalah tempat untuk melindungi organ-organ vital sebab rongga tersebut ‘dipagari’ oleh tulang dada.

“Usus dan organ perut penderita kelainan ini juga dapat menonjol sebagian di luar tubuh mereka melalui pusar,” kata NORD.

Pentalogy of cantrell sendiri merupakan sebuah kelaian yang sangat langka. Berdasarkan catatan NORD, kelainan yang cukup mengerikan ini hanya terjadi pada 5 orang per satu juta kelahiran.

Pada penelitian yang dilakukan tahun 2008 menyebutkan jika seseorang yang terlahir dalam kondisi seperti itu sering tidak bisa bertahan hidup lama. Menurut penelitian itu, dari 58 bayi dengan kelainan tersebut. 37 bayi (64 persen) yang menderita kelainan ini meninggal beberapa hari setelah dilahirkan.

Baca Juga: Anak Tidak Bisa Diam dan Suka Lompat-Lompat? Barangkali Dia Mengalami Kondisi Ini

“Dalam banyak kasus, kondisinya fatal tanpa operasi yang bisa memperbaiki cacat lahir ini,” kata NORD.

Virsaviya adalah seorang bocah yang aslinya berasal dari Rusia. Akan tetapi dia dan ibunya telah pindah ke Florida, Amerika Serikat setelah ada seorang dokter dari Rumah Sakit Anak Boston bersedia merawatnya.

Gadis tersebut saat ini belum bisa menjalani operasi karena juga menderita tekanan darah tinggi di arteri pulmonalisnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaPria Tua Ini Diikat ke Tiang Listrik Oleh Warga, Polisi Malah Memuji Tindakan Itu. Ini yang Sebenarnya Terjadi
Berita berikutnyaPosting Hal Ini, Siapa yang Disindir Umi Pipik?