Banjir Meme Setya Novanto, Menkominfo: Itu Ekspresi dari Masyarakat


SURATKABAR.ID – Masyarakat belakangan dihebohkan oleh polemik politik yang melibatkan Ketua DPR Setya Novanto. Di media sosial bahkan sangat banyak beredar meme yang benada sinis untuk menyindir Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

Pihak Setya Novanto sendiri telah melaporkan sejumlah warganet ke polisi karena tidak senang dengan adanya meme yang menyebar tersebut.

Meski demikian, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai jika meme yang dibuat dan disebarkan oleh masyarakat tersebut merupakan bagian dari ekspresi mereka dalam menanggapi kasus yang sedang membelit Setya Novanto.

“Kalau itu, menurut saya, ya itu ekspresi dari masyarakat,” kata Rudiantara di gedung Kemenko Pulhukam, Jalan Merdeka Barat, Senin (20/11/2017), dikutip dari detik.com.

Rudiantara menjelaskan jika pihaknya tidak bisa melarang masyarakat untuk mengekspresikan perasaan mereka melalui media meme, termasuk diantaranya meme yang bernada satire.

“Ya itu susah saya bilang karena ekspresi dari masyarakat dan ekspresi dari perasaan sosial masyarakat, masak saya larang,” kata Rudiantara.

Ia juga memberi catatan mengenai potensi meme tersebut dianggap sebagai tindak pidana bagi yang menyebarkannya. Rudiantara menjelaskan jika perlu ditelaah lebih dalam dulu apakah meme tersebut mengandung unsur pencemaran nama baik atau tidak.

Baca Juga: Ditahan KPK, Setya Novanto Tidur Satu Ruangan dengan Kakus

“Begini, pidananya di mana dulu? Karena Pasal 27 ayat 23 (UU ITE) pencemaran nama baik juga sekarang hukumannya sudah di bawah 5 tahun, jadi tidak bisa lagi orang ditahan karena harus ada delik aduan dulu,” ucap Rudi.

Sebelumnya dikabarkan jika Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi menyatakan telah melaporkan sejumlah akun media sosial membuat meme terkait kecelakaan yang dialami oleh kliennya tersebut.

“Sudah dilaporkan,” kata Fredrich usai mendampingi Novanto menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Jakarta, Minggu (19/11/2017), dikutip dari tribunnews.com.

Meski demikian, Fredrich tidak merinci perihal kapan laporan tersebut dibuat dan berapa banyak akun yang dilaporkan.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaSetya Novanto Ditahan KPK, Jokowi Siapkan Tokoh Ini Jadi Ketum Golkar?
Berita berikutnyaNovanto Curhat Rela Lepas Dua Jabatannya, Begini Komentar Idrus