Awas! Ini Bahaya Ngupil


019271800_1438849501-header_drtaherian_com

Kegiatan membersihakan kotoran hidung atau upil yang sering disebut dengan ngupil adalah aktivitas yang hampir pernah dilakukan oleh semua orang. Meski sebagain menganggap aktivitas ini punya efek menyenangkan, tak jarang juga ada yang menilai bahwa mengorek hidung adalah kegiatan yang jorok. Namun, sebenarnya banyak yang tidak tahu bahwa ngupil itu bahaya.

Ngupil yang menjadi kegemaran sebagian orang ternyata perlu diwaspadai. Dokter Emmy Pramesthi SpTHT-KL menuturkan, meski menyenangkan, ngupil bisa mengakibatkan infeksi pada hidung, dilansir dari Jawa Pos.

Dari Halo Sehat disebutkan jika alasan seseorang ngupil ada berbagai macam sebab.. Hal ini berkaitan dengan perilaku psikologis yang tidak disadari seperti saat sedang sendirian tanpa kegiatan atau sedang memikirkan sesuatu. Perilaku ngupil ini menyerupai kecenderungan orang menggigit kuku atau mengisap jempol yang tanpa sadar dilakukan di tempat umum. Aktivitas mengupil terkait dengan perasan negatif yang mengganggu pikiran seseorang sehingga tak sadar manusia melakukannya di depan umum.

Selain itu, hidung biasanya memiliki kepekaan sendiri terhadap rangsangan yang datang dari luar. Hidung mudah teriritasi oleh bahan-bahan yang memicu seperti bahan kimia, bau-bauan, polusi udara, atau zat yang memicu alergi lainnya. Saat hidung teriritasi maka akan timbul rasa gatal, bersin, bahkan mengarah ke gejala flu.

Sementara itu, ada beberapa hal yang sebenarnya menjadi efek negatif dari ngupil. Diantaranya adalah:

Mudah Terkena Flu. Virus yang menyebabkan flu cenderung mudah menyebar. Tangan yang kotor adalah media paling mudah menularkan flu saat mengupil. Bila terinfeksi flu, biasanya akan berlanjut sampai ke gatal-gatal hidung, radang tengorokan, bersin-bersin dan akhirnya terserang flu-pilek. Tangan yang tidak bersih (tidak higienis) bisa menjadi medium infeksi pada rongga hidung.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>


1
2
3
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaTampil Serasi di Debat Capres dan Sukses Curi Perhatian, Ada Apa dengan Prabowo-Titiek?
Berita berikutnyaGaya Pakaian Istri Ma’ruf Amin Saat Lihat Debat, Intip Harga Jaketnya