Geger! Warganet Dihebohkan Bakso Daging Tikus, Hasil Uji Laboratorium Ungkap Fakta Ini


SURATKABAR.ID – Di musim hujan seperti sekarang ini menikmati makanan hangat berkuah memang memberikan kenikmatan paling hakiki. Dan menu yang digemari hampir oleh seluruh kalangan adalah bakso. Namun baru-baru ini, warganet digegerkan dengan berita bakso yang menggunakan daging tikus.

Warga Nunukan, Kalimantan Utara, belakangan ini dihebohkan dengan merebaknya isu bakso yang diolah menggunakan daging hewan pengerat menjijikkan. Sontak kabar mengejutkan tersebut pun langsung menjadi topik panas di media sosial, Rabu (15/11), seperti diwartakan Jpnn.com.

Ketakutan warga diperkuat adanya surat Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara, yang ditandatangani oleh Kepala DPKP Andi Santiaji dengan Nomor 324/1459/DPKP/X/2017, tertanggal 30 Oktober 2017 berisi hasil uji laboratorium sampel pangan asal hewan.

Pada surat yang diterbitkan oleh Kepala Balai Vateriner Banjarbaru Nomor 29005/PK.310/F.5.E/9/2017 tertanggal 29 September 2017, berisi tindak lanjut hasil pemeriksaan laboratorium atas sejumlah sampel pangan asal hewan pada pelaku usaha produk pangan asal hewan di Kabupaten Nunukan.

Baca Juga: Duh, Hilang Melulu! KPK Tegaskan Siap Keluarkan Status DPO untuk Setya Novanto

Yang sangat mengejutkan penghuni di jagad maya adalah hasil dari uji laboratorium tersebut menunjukkan sebanyak tiga sampel bakso, masing-masing dengan kode nomor 20,21 dan 22 dinyatakan positif dengan jenis uji spesies tikus.

Namun menanggapi berita tersebut, Kepala DPKP Kaltara Andi Santiaji menyampaikan bahwa seharusnya masyarakat umum tidak memiliki kebebasan untuk mendapatkan surat yang diterbitkan oleh Kepala Balai Vateriner Banjarbaru demi untuk menghindari kecemasan publik.

“Itu baru indikasi (adanya kandungan daging tikus). Tes di laboratorium masih dilakukan oleh petugas,” papar Kepala DPKP Kaltara Andi Santiaji ketika ditemui untuk dimintai konfirmasi lebih lanjut terkait isu tersebut, Rabu (15/11), dikutip dari laman Jpnn.com, Kamis (16/11/2017).

Tetapi ketika Andi Santiaji ditanyai adanya petugas gabungan di Nunukan yang melakukan pengecekan langsung di lokasi warung tempat diambilnya sampel bakso daging tikus, pihaknya mengaku belum mendapatkan informasi terkait hal itu. Bahkan ia tak mengetahui lokasi pasti warung yang dimaksud.

Baca Juga: Misterius! Siapa Sebenarnya Tamu yang Jemput Setya Novanto Sebelum KPK Datang?

“Yang pasti, itu baru indikasi. Masih ada pengujian lainnya di laboratorium,” pungkas Andi Santiaji dengan tegas.