Ketahuilah Cara Tidur Sehat Ala Rasulullah yang Bisa Menjadikan…Baca Ini dan Sebarkan!


tidur-kaltara_20150925_145734

Tidur merupakan suatu kebutuhan bagi manusia, tidur juga merupakan aktivitas untuk mengistirahatkan tubuh setelah melakukan kegiatan penuh seharian. Tidur bukan sekedar memejamkan mata, meksi terkadang raga terlelap, namun tidak jarang proses istirahat ini tidak berkualitas. Sehingga ketika bangun, bukannya malah kembali segar tapi justru badan lebih lemas.

Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi yang patut diteladani termasuk dalam masalah tidur. Nabi yang hidup sekitar 1400 tahun silam ini ternyata memiliki cara tidur sehat yang memiliki dampak kesehatan setelah diteliti oleh ilmuan masa kini. Cara-cara tidur Nabi ternyata diakui oleh ilmuan sebagai cara-cara yang mendatangkan kesehatan bagi tubuh.
1. Tidur Dalam Keadaan Gelap
Nabi Muhammad SAW dalam hidupnya selalu tidur dalam keadaan gelap. Berdasarkan hadist Nabi, kondisi gelap saat tidur ini menghindarkan pandangan setan yang berkeliaran saat gelap. Namun di balik itu, cara Nabi Muhammad ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.Seorang ahli Biologi Joan Roberts menemukan fakta bahwa ada hubungan antara kekebalan tubuh dan kondisi terang saat tidur. Orang yang menyalakan lampu sepanjang malam saat tidur, mengalami penurunan kadar hormon melatonin yang berperan dalam mendorong aktifitas antioksidan secara optimal. Selain itu terjadi  penurunan daya tahan tubuh sehingga rentan terhadap penyakit.

Ternyata dampak yang lebih berbahaya lagi dipublikasikan dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics. Dalam jurnal tersebut tertulis jika penerangan yang menggunakan cahaya buatan akan berdampak pada jam biologis tubuh dan dapat menjadi pemicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Penelitian dari Society for Neuroscience, di San Diego 2010 juga menjelaskan tentang korelasi antara cahaya lampu dan tingkat depresi. Dalam jurnalnya penelitian itu menyimpulkan ternyata pekerja shift malam dan orang lain yang selalu terkena cahaya di malam hari akan meningkatkan risiko gangguan mood atau depresi.

Semua penelitian ilmuan barat ini tentu menjadi penguat dari Hadist Nabi Muhammad SAW tentang perintah tidur di dalam gelap. “Padamkanlah lampu saat akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman” (HR.Muttafaq’alaih).

Lanjut ke halaman selanjutnya >>


1
2
3
4
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaJepang Mulai Siaga Terkait Uji Coba Rudal Korea Utara
Berita berikutnyaRasulullah Merekomendasikan Beberapa Tempat Untuk Ditinggali Pada Akhir Zaman. Lihat Ini dan Sebarkan!