Geger! Perempuan Muslim Ini Nyanyikan Ave Maria di Gereja, Netizen Ribut


    SURATKABAR.ID – Sebuah unggahan di media sosial bikin geger netizen. Pasalnya, terlihat seorang perempuan bernyanyi dengan suara soprano dan mampu menyentuh nada-nada tinggi dengan sempurna.

    Mendapat pujian dari banyak orang, pemilik akun @anggerPams menyebut suranya ‘bikin merinding’, begini kicauannya: ”Masyaallah suaranya. Merinding bro. Walaupun gak tahu maksudnya. Keren suaranya”.

    Rami Kinara, nama perempuan tersebut, ialah seorang penyanyi musik klasik. Pada bulan Ramadan 2016 di toko digital Rami baru mengeluarkan single religi yang berjudul Hadir Mu.

    Baca juga: Gempar! Ulama Madura Laporkan Megawati ke Polisi

    Kisah lagu tersebut adalah tentang proses seseorang berserah diri kepada Tuhan atas semua keraguan dirinya sebagai manusia.

    Aktris Jajang C Noer menyampaikan pada BBC Indonesia, seperti dilansir dari bbc.com, pada saat ini Rami ‘tak siap ditanya-tanya’, hal tersebut dengan alasan menghormati keluarga almarhum yang masih tengah berduka.

    Rami memang melantunkan lagu Ave Maria tersebut untuk sahabatnya Yanti Marhadi yang meninggal.

    Netizen pun menanggapi nyanyian Rami ini secara luas, hingga kemudian muncul perdebatan seperti ‘batasan toleransi’, yang menjadi isu sensitif bagi sebagian orang.

    Ada juga tudingan bahwa apa yang dilakukan oleh Rami merupakan bentuk ‘toleransi yang salah’.

    Akun @heroe_bad menyebutkan, ”Muslim boleh sekadar main atau masuk gereja, tapi dilarang ikut kegiatan apapun bersama jemaat gereja. Inilah batas toleransi dalam Islam.”

    Ada juga kicauan dari akun @ramdaniahmad36: ”Bukannya nyanyian Ave Maria itu adalah doa, terlebih kalau dilakukan di gereja. Toleransi tidak sebegitunya.”

    Namun, tak sedikit netizen yang memuji aksi Rami yang ‘berani’ ini.

    Akan tetapi memang ada sejumlah kicauan yang menyudutkan Rami di media sosial. Hal ini terjadi sebab Rami dinilai ‘melepas’ keimanan dan ‘menyesatkan umat’ karena menyanyikan lagu Ave Maria di gereja.

    Baca juga: Meski Masih di Bui, Golkar Tetap Calonkan Rita Widyasari Sebagai Gubernur

    Namun keributan itu ditengahi akun @SuseliaSu yang mengatkan ”Tidak ada oto-mualaf, demikian juga dengan oto-murtad.”

    ”Kalau mbak di video ini hatinya tetap mengakui Allah SWT, dia tetap muslim. Piye toh,” tambah akun tersebut.

    Ada kicauan dari akun lainnya, @minerva_zain yang berkata: ”Saya suka lagu Opik dan pop-pop kasidah. Langsung terasa Lebaran sudah dekat. Tidak pengaruh juga keimanan saya. Suka saja alunannya.”

    Hal itu ditimpali oleh akun @alterdeego yang berkicau: ”Saya suka lagu rohani seperti Mary Did You Know? dan Nearer My God to Thee dan itu sama sekali tidak pengaruh ke keimanan saya.”