Aliran Kepercayaan Boleh Masuk KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu


SURATKABAR.ID – Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengijinkan pencantuman aliran kepercayaan di kolom agama Kartu Tanda Peduduk (KTP) menuai banyak polemik. Bahkan bisa digambarkan saat ini banyak yang terlihat kurang suka dengan keberadaan kepercayaan di luar lima agama resmi yang selama ini ada.

Bahkan, Komisi Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anton Tabah Digdoyo mengatakan jika aliran kepercayaan adalah sebuah hal negatif yang seyogyanya tidak boleh ada di Indonesia.

Anton menegaskan jika Indonesia adalah negara beragama, bukan negara penghayat aliran kepercayaan. Ia bahkan menyebut jika dengan keputusan MK tersebut, negara ini kembali ke jaman batu.

Baca Juga: Gempar! Awalnya Dikira Babi Ngepet, Setelah Tertangkap Ternyata…

“Keputusan MK itu menandakan negeri ini mundur ke zaman batu, animisme-dinamisme bakal tumbuh subur lagi di Indonesia, di era sains yang semakin maju,” ujar Anton dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/11/2017), dikutip dari jawapos.com.

Anton menjelaskan bagaimana aliran kepercayan di periode kepemimpinan Soeharto pun tidak diijinkan berkembang. Ia mengaku jika pemimpim Orde Baru itu pernah mengatakan kepadanya jika aliran kepercayaan suatu saat akan hilang dan akhirnya menginduk kepada agama-agama yang ditetapkan oleh pemerintah.

Dia juga mengatakan jika salah satu tujuan Soeharto mendirikan MUI adalah untuk menghindari kesetaraan antara agama dengan aliran kepercayaan.

“Jadi dengan disahkannya aliran kepercayaan setara dengan agama ini. Berarti MUI dan lembaga-lembaga agama telah kalah,” tegas mantan ajudan Pak Harto itu.

Baca Juga: Imbas Putusan MK Terkait Penghayat Kepercayaan, MUI Khawatirkan Dampak Buruk Ini

Anton berpesan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memahami dan menyadari akan adanya gejolak pasca keputusan MK tersebut.

“Bangsa Indonesia ini sangat majemuk, namun karena dilegalkannya aliran kepercayaan, justru makin rentan konflik horizontal,” pungkasnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaCatat! Ini Pesan Penting Panglima TNI di Hari Pahlawan 10 November
Berita berikutnyaPosting Foto Buka Jilbab, Rina Rose: Kecewalah Seperlunya