Wacana Program Rumah Berlapis, Anies: Konsepnya Rumah Susun


SURATKABAR.ID – Senin (6/11/2017), Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan, memberikan penjelasan terkait rencana programnya yang berkaitan dengan tempat tinggal warga yang ia sebut sebagai program Rumah Berlapis. Rekan Sandiaga Uno itu menyebutkan jika konsep dari program Rumah Berlapis itu sejatinya sama dengan rumah susun.

“(Konsepnya) Rumah susun,” kata Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2017), seperti yang diwartakan oleh Detik.com

Anies menyebutkan terminologi dari kata ‘lapis’ ini memiliki arti yang sama dengan ‘susun’. Lapis dari segi bahasa teknis adalah susun.

“Kalau lihat izin-izin tulisannya apa? Lapis. Bahasa teknisnya lapis,” ujar Anies.

Sebelumnya, Sandiaga menyebutkan Rumah Berlapis itu adalah perumahan yang bentuknya vertikal, tetapi jumlah lantainya tak banyak.

Baca juga: Video Kesaksian Pelanggan Tetap Hotel Alexis Tentang Cara ‘Mami’ dan ‘Papi’ Tawarkan Wanita

“Bahwa itu konsepnya adalah lapis 1, lapis 2, lapis 3, dan itu yang menurut kami harus digunakan yaitu vertikal. Tapi jangan dibayangkan 16 lantai begitu,” terang Sandiaga saat ditemui di Masjid Al Ikhlas, Jl Cipete III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (5/11/2017).

Lebih jauh lagi, Sandi menjelaskan rumah berlapis merupakan penataan kampung sesuai dengan keinginan warga. Warga akan dipindahkan ke rumah yang lokasinya tak jauh dari tempat mereka tinggal semula.

“Mereka tidak ingin dipindah terlalu jauh dari sana, dari areanya. Mungkin ada yang disebut sebagai konsolidasi tanah, land consolidation. Itu bisa di-Google saja land consolidation,” ucap Sandi, dikutip di Kompas.com

Baca juga: Bukan Sembarangan, Ini Sosok yang Ditunjuk Jokowi Sebagai Perias Kahiyang Ayu. Langganan Keluarga Para Pesohor!

Mirip dengan Kampung Deret

Dilansir dari Liputan6.com, selain menyebutkan itu, Anies Baswedan sebelumnya juga mengatakan jika program rumah berlapis itu dalam pengarahannya kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Berdasarkan Anies, rumah berlapis itu kemungkinan akan seperti kampung deret yang dibangun oleh Presiden Jokowi saat menjabat sebagai Gubernur DKI. Bila rumah itu terwujud, ia ingin warga mendapat ukuran yang sama seperti rumah mereka semula.