Mahasiswa IPB Ini Butikan Keajaiban Al-Qur’an. Baca Ini dan Sebarkan!


maxresdefault

Quran adalah suatu mukjizat yang sudah dibuktikan banyak orang tentang keistimewaannya baik di dunia kesehatan, pendidikan, pemerintahan dan lain-lain. Seperti dilakukannya sebuah penelitian unik oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Ghulam Halim Furqoni. Mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) ini meneliti pengaruh memperdengarkan murottal Alquran terhadap produksi susu sapi perah.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian sebelumnya, tentang pengaruh musik klasik terhadap produksi susu sapi perah. Dalam penelitian itu, musik klasik diputar sekitar tiga jam sebelum pemerahan. Namun akhirnya durasi pemutaran musik diperpanjang dengan harapan hasil yang diperoleh lebih optimal.

Akhirnya, Ghulam berdiskusi dengan dosen pembimbing. Dan tercetuslah ide untuk memberi judul “Pengaruh Musik Klasik 24 jam terhadap Produktivitas Susu Sapi Perah” untuk penelitian ini. Namun di sisi lain, Ghulam berfikir apakah ada pilihan lain, selain musik klasik yang dapat berpengaruh terhadap produktivitas susu sapi perah?

Musik klasik Mozart mulai dikenalkan pada tahun 1993 di Universitas California untuk menilai ada tidaknya peningkatan tingkat IQ mahasiswa. Hasilnya, musik klasik Mozart dapat meningkatkan 8-9 poin IQ pada mahasiswa-mahasiswa tersebut (Bowers 2002). Sejak saat itu musik klasik Mozart mulai berkembang di Eropa dan digunakan di dunia peternakan untuk tujuan meningkatkan produktivitas ternak.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>