Dulu Dilarang, Arab Saudi Kini Ijinkan Perempuan Masuk Stadion


ilustrasi

SURATKABAR.ID – Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebejikan yang cukup mengejutkan, yakni memberikan ijin kepada kaum wanita untuk masuk tiga stadion olah raga. Hal ini dinilai mengejutkan sebab sebelumnya ada larangan bagi kaum hawa untuk masuk stadion olah raga.

Seperti diwartakan antaranews.com, kebijakan tersebut sejalan dengan reformasi yang ambisius dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk mengubah kerajaan ultrakonservatif ini. Sebelumnya, Pangeran itu juga memberikan ijin kepada wanita untuk mengemudikan kendaraan.

“Tiga stadion di Riyadh, Jedah dan Damman siap mengakomodasi para keluarga mulai awal 2018,” umum otoritas olah raga Saudi dalam Twitter.

Bulan lalu juga ada ratusan wanita memasuki stadion olah raga di Riyadh. Masuknya para wanita ke stadiun yang biasa dipakai untuk pertandingan sepak bola tersebut dalam rangka merayakan hari nasional di Saudi.

Baca Juga: Mengejutkan! Karena Alasan Inilah Arab Saudi Pecat Ribuan Imam Masjid

Di Arab Saudi, dibawah undang-undang sistem pendampingan, wanita diharuskan mendapatkan ijin dari anggota keluarganya yang pria sebelum pergi melancong, menuntut ilmu dan aktivitas-aktivitas luar lainnya.

Akan tetapi belakangan aturan tersebut diperlonggar sebagai bagian dari upaya reformasi ekonomi dan sosial. Salah satu tujuannya adalah meningkatkan angkatan kerja wanita.

Juli lalu para pembela hak sipil menyambut baik kebijakan kementerian pendidikan yang membolehkan pelajar putri berolah raga di sekolah negeri.