Waduh! 7 Makanan Sehat Ini Bisa Berbahaya Jika Terlalu Sering Dikonsumsi. Berikut Akibatnya


    SURATKABAR.ID – Mengonsumsi makanan sehat memang dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun ada fakta yang belum diketahui banyak orang terkait makanan sehat. Pasalnya beberapa makanan tak boleh dianggap sehat hanya lantaran tambahan keterangan pada kemasan.

    Keterangan seperti , “bebas gula”, “alami” hingga “organik” yang tertera pada label tak semerta-merta menjamin isi yang terkandung di balik kemasan. Klaim dari perusahaan makanan bisa menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh. Terlebih jika makanan tersebut dikonsumsi secara berkelanjutan.

    Perlu diwaspadai label makanan yang mencantumkan keterangan makanan sehat. Jika terlalu berlebihan dikonsumsi bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit. Berikut adalah 7 makanan sehat yang sebaiknya tak dikonsumsi terlalu sering, diwartakan Tempo.co, Minggu (29/10/2017), melansir Boldsky.com:

    Daging Salmon Asap

    Ikan salmon memang menawarkan manfaat bagi kesehatan. Namun jika daging sudah melalui proses pengasapan, maka akan menghasilkan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH). Dan mengonsumsi makanan ini dapat meningkatkan risiko kanker seumur hidup.

    Baca Juga: Hati-Hati! 5 Hal Ini Bikin Wanita Kehilangan Keperawanan Tanpa Berhubungan Intim

    Kombucha

    Makanan sehat yang tak dianjurkan untuk terlalu banyak dikonsumsi adalah kombucha. Memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, makanan ini dapat menyebabkan penyakit maag. Sementara menghirup kombucha terlalu sering bisa meningkatkan risiko gigi keropos.

    Ikan Tuna

    Tak hanya salmon, ikan tuna juga baik untuk kesehatan sekaligus dapat berbahaya bagi kesehatan. Terutama bagi ibu hamil dan menyusui. Pasalnya dalam ikan laut ini terkandung merkuri yang tinggi. Keracunan merkuri dapat menyebabkan gangguan pengelihatan dan kelemahan fungsi otot.

    Minyak Kelapa

    Digolongkan dalam lemak jenuh dengan kandungan trigliserida rantai menengah, minyak kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida secara keseluruhan. Namun karena mengandung 121 kalori pada setiap sendoknya, minyak kelapa dianjurkan untuk tidak terlalu sering dikonsumsi.

    Sup Kalengan

    Menyiapkan makanan memang bisa merepotkan. Pilihan paling mudah adalah makanan kemasan, seperti sup kalengan. Namun hati-hati. Pasalnya, sup kemasan seperti ini mengandung kadar sodium mencapai 2.300 miligram per hari.

    Baca Juga: Astaghfirullah! Pose Aduhai Hanya Berbalut Kain Tembus Pandang, Nikita Mirzani Disebut Begini

    Jus Buah

    Sama halnya dengan sup kalengan. Jus buah yang dijual di dalam kemasan mengandung efek negatif bagi kesehatan tubuh. Pasalnya pada setiap kemasan jus buah mengandung rata-rata konsentrai fruktosa hingga 45,5 gram. Angka itu tak jauh berbeda dengan minuman bersoda yang mengandung 50 gram.

    Margarin

    Jangan salah, margarin yang selama ini dianggap jauh lebih menyehatkan daripada mentega, ternyata memiliki bahaya tersendiri bagi kesehatan. Lemak trans yang terkandung dalam margarin terbukti dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga sejumlah masalah kesehatan lainnya.