Ban Ki-Moon : Perluaan Pemukiman Yahudi Menghina Rakyat Palestina dan Masyarakat Dunia


    B6D7152D-09A6-4698-BF1B-C77280823036_mw1024_s_n

    Perluasan pemukiman Yahudi makin hari semakin meluas dan menjadikan rakyat Palestina semakin terdesak kehabisan lahan untuk tinggal. Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB berlanjutnya pembangunan permukiman Israel adalah penghinaan bagi rakyat Palestina dan masyarakat internasional.

    “Saya sangat terganggu oleh laporan (pada Selasa) bahwaPemerintah Israel telah menyetujui rencana untuk membangun lebih dari 150 rumah baru di permukiman ilegal di Wilayah Pendudukan Tepi Barat,” kata Ban, sebagaimana dikutip Xinhua, Rabu pagi. “Tindakan provokatif ini bisa menambah pertumbuhan pemukim, meningkatkan ketegangan dan merusaka setiap prospek bagi jalan politik.”

    Ban juga mengutuk kerusuhan baru-baru ini oleh orang Palestina, termasuk serangan dengan menggunakan pisau terhadap wargaYahudi. Namun, ia mengatakan langkah pengamanan saja tak bisa mengatasi masalah. “Mereka tak bisa menangani rasa keterkucilan dan kekecewaan yang menyelimuti sebagian orang Palestina –terutama generasi muda,” katanya.

    Lanjut ke halaman selanjutnya >>