Untuk Pernikahan Kahiyang, Gibran Akan Sajikan Makanan dari Tempe Busuk


SURATKABAR.ID – Pesta pernikahan Kahiyang Ayu putri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kini tinggal menghitung hari.

Kahiyang Ayu akan melepas masa lajang bersama dengan Bobby Nasution tepatnya pada tanggal 8 November 2017. Bertempat di Graha Saba Buana, Solo, segala persiapan pun kini sudah dilakukan.

Persiapan pernikahan ini mulai dari dekorasinya, lalu baju pernikahan, kemudian kendaraan yang akan disediakan untuk tamu, hingga menu makanan.

Namun, sajian makanannya bukanlah menu Western seperti masakan chef bintang lima. Melainkan, masakan khas Jawa-lah yang akan disuguhkan.

Baca juga: Keren! Ini yang Dilakukan Uya Kuya Saat Anaknya Dibully di Medsos. Pelaku Sampai Minta Maaf

Tentunya ada alasan mengapa dipilih kuliner khas Jawa untuk sajian di pernikahan ini. Kakak Kahiyang, Gibran Rakabuming Raka, menjelaskan alasannya.

Karena tamu undangannya berasal dari seluruh Indonesia, jadi supaya mereka bisa mencicipi seperti apa citarasa masakan khas Solo.

Seperti apa saja menu masakan yang akan disajikan? Dikutip dari TribunTravel.com dan juga berbagai sumber, ada 7 menu yang siap disajikan untuk tamu yang datang ke pernikahan Kahiyang.

Barangkali, dari deretan menu ini bisa jadi inspirasi sarapan Anda.

  1. Nasi Liwet

Yang ini adalah kuliner khas Solo yang tidak boleh dilewatkan. Menyajikan nasi gurih, lodeh labu siam, ayam suwir, telur kukus, telur pindang dan areh.

Rasanya pun bercampur antara gurih dan juga ada sedikit sensasi pedas.

2. Nasi Tumpang

Inilah menu unik yang bahannya menggunakan tempe busuk. Nasi Tumpang menggunakan tempe busuk yang umurnya dua hari setelah proses pembuatan.

Kemudian tempe ini dimasak dengan diberi bumbu rempah dan juga santan. Biasanya juga diberi tambahan tahu rebus dan tahu batam.

Citarasa Nasi Tumpang adalah pedas dan juga gurih, pastinya akan menggoyang lidah.

3. Nasi Gudeg

Nasi Gudeg yang kita kenal sebagai masakan khas Jogja, juga menjadi kuliner khas Solo. Lauknya terbuat dari nangka yang dimasak sampai berwarna cokelat.

Penyajian gudeg pada umumnya adalah nasi putih, opor ayam atau bisa juga ayam goreng, tempe bacem, tahu bacem, lalu ada sambal goreng, telur dan rambak.

4. Serabi

Tak lengkap ke Solo tanpa mencicipi serabinya. Serabi ini terbuat dari tepung beras dan santan, dimasak dengan menggunakan wajan mungil.

Rasanya juga sangat unik, yakni gurih bercampur manis, cocok buat sarapan pagi yang menggugah selera.

5. Sate kere

Namanya memang unik, dan masakan ini termasuk salah satu dari hidangan yang siap disajikan di hari pernikahan Kahiyang.

Sate kere terbuat dari gabus tempe, yaitu tempe yang terbuat dari ampas tahu dan jeroan sapi yang dibakar. Disajikan dengan siraman bumbu kacang.

6. Ledre Solo

Ini adalah kuliner tradisional yang terbuat dari pisang dan ketan kelapa. Caranya, ketan mentah di panggang di atas wajan, lalu ditambahi dengan santan.

Setelah matang, diberi topping potongan pisang. Rasanya manis dan gurih, membuat ledre sempurna disantap bersama minuman teh.

Bcaa juga: Penampilan Sarah Vi Berubah Drastis, Netizen Sampai Heboh

7. Selat Solo

Tidak hanya lezat, namun makanan ini juga sangat sehat. Terbuat dari daging semur, kentang goreng, daun selada, tomat, wortel, buncis acar timun, telur bacem dan mustard.

Penyajiannya dengan disiram kuah yang rasanya manis.