Ditolak Masuk AS, Panglima TNI Jadi Sorotan Media Internasional


SURATKABAR.ID – Panglima Jenderal Gatot Nurmantyo menjadi sorotan media internasional setelah kabar ia ditolak masuk AS menyebar ke berbagai panjuru. Media internasional seperti halnya Washington Post hingg CNN menulis berita tersebut.

Begitupun dengan media lainnya seperti halnya Channel News Asia, ABC, sampai dengan Sydney Morning Herald juga turut memberitakan.

Media CNN menuliskan berita tersebut dengan judul “Indonesian military chief denied entry to the United States.” Di dalam paragraf-paragraf awal, CNN menggambarkan bagaimana Jenderal Gatot dilarang masuk ke Amerika, padahal itu merupakan undangan langsung dari Joseph F Dunford selaku Kepala Staf Gabungan AS. Dunford mengundang Gatot untuk menghadiri acara konferensi di Washington DC yang membahas masalah bagaimana memerangi terorisme.

Sementara itu Washington Post mengutip dari Associated Press salah satu judulnya adalah “Indonesia seek answers from US as top general denied entry”. Washington Post mengutip pernyataan juru bicara Kemenlu yang menyebutkan RI telah mengrimkan nota diplomatik ke Kementerian AS. Kemenlu juga mengaku telah memanggil perwakilan kedubes AS.

Baca juga: Dicoret dari UKP Pancasila, Jokowi Angkat Din Syamsuddin Jadi Utusan Khusus Presiden

Belakangan atas insiden yang kurang begitu mengenakkan itu, Duta Besar AS untuk Indonesia yakni Joseph Donovan menyampaikan permohonan maafnya atas penolakan terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk memasuki wilayah Amerika Serikat. Permintan maaf itu disampaikan Donovan kepada Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri.

Di dalam siaran persnya pada Minggu (22/10/2017) dijelaskan jika Kedutaan Besar AS siap memfasilitasi perjalanan Jenderal Gatot ke Amerika Serikat.

“Kami tetap berkomitmen untuk kemitraan strategis dengan Indonesia sebagai cara untuk memberikan keamanan dan kemakmuran bagi bangsa dan masyarakat kita,” tulis pernyataan Kedubes dalam siaran persnya, dilansir dari Republika.co.id

Baca juga: Begini Gaya Anies Layani Aduan Warga di Balai Kota, Mirip Ahok Tapi…

Berdasarkan keterangan dari Donovan, Kedutaan Besar telah berkomunikasi dengan staf Panglima TNI Gatot Nurmantyo untuk memfasilitasi perjalanan ke Amerika Serikat.