Riset Ini Ungkapkan 5 Penyebab Mengapa Pria Harus Bercukur


SURATKABAR.ID – Rupanya urusan bercukur rambut, terutama untuk rambut di bagian wajah, menjadi sesuatu yang kompleks bagi para pria. Baru-baru ini sebuah studi dari Braun Styling menyebutkan penyebab paling populer mengapa pria mencukur atau menumbuhkan kembali rambut wajahnya. Hasilnya menunjukkan bahwa jenggot dan kumis ternyata tak hanya ditumbuhkan untuk diri para pria sendiri, melainkan juga untuk orang-orang di sekitarnya.

Sudah menjadi rahasia umum, banyak dari para wanita yang lebih menyukai pria berkumis dan atau bercambang dan berjanggut. Alasannya sederhana, karena pria yang menumbuhkan rambut di wajah mereka tampak lebih matang dan maskulin. Melansir laporan Independent.co.uk via Tempo.co, Senin (23/10/2017), berikut adalah lima alasan mengapa pria mesti mencukur rambut wajahnya.


1. Wawancara kerja

Apabila ada situasi yang membuat pertemuan pertama harus menciptakan kesan yang terbaik, bisa dibilang salah satunya adalah wawancara kerja. Sebanyak 44 persen peserta mengungkapkan mereka harus tampil rapi saat bertemu dengan calon bos. Lebih dari separuh responden dengan jenggot atau kumis mengaku mencukur atau menata ulang rambut yang ada di wajah tersebut.

2. Acara khusus

 

Pernikahan, ulang tahun, hari raya keagamaan serta acara khusus lainnya membuat para pria akan bercukur dan menata kembali rambut di wajahnya. Survei tersebut menunjukkan 42 persen pria telah dicukur atau menata jenggot dan kumisnya untuk acara khusus, terutama pria dengan jenggot panjang (53 persen), jenggot setengah panjang (49 persen), dan jenggot pendek (41 persen).

 

Baca juga: Amankah Susu Kental Manis Dikonsumsi? Begini Penjelasan dari BPOM

3. Bekerja 

 

Sebanyak 56 persen pria dengan janggut panjang, 44 persen pria berjanggut pendek, dan 41 persen pria tanpa janggut mencukur bersih kembali wajahnya untuk alasan bekerja. Umumnya, masuk akal jika para pria dengan rutinitas formal senantiasa menjaga penampilan mereka tetap rapi.

4. Pasangan mereka 

 

Rupanya pria menganggap penting selera atau gaya yang disukai pasangannya. Buktinya, banyak dari para pria yang menumbuhkan janggut dan kumisnya demi pasangan. Meski begitu, jika pasangan tidak menyukainya, mereka akan berpikir untuk mencoba sesuatu yang berbeda. Sekitar 35 persen peserta menyebutkan mereka mencukur dan merapikannya meski hanya 22 persen yang menyatakan bercukur saat berada di lokasi kencan.

 

Baca juga: Ya Ampun! Saking Populernya, Selingkuh Dijadikan Nama Kota di Jepang

5. Liburan 

 

Ada banyak penyebab mengapa pria mencukur rambut wajahnya dalam momen berlibur. Entah itu karena panas, canggung, atau ingin tampil baru saja saat sedang jauh dari rumah. Yang pasti, sebanyak 30 persen peserta dari penelitian ini mengatakan mereka bercukur untuk liburan.