Dunia Sudah Terbalik? Biasanya Dimangsa, Katak Ini Tertangkap Kamera Lahap Ular Hidup-Hidup


    SURATKABAR.ID – Beberapa waktu terakhir, foto dan juga video katak hijau menelan ular menjadi perbincangan di media sosial. Tentu saja ini mengundang kehebohan. Pasalnya selama ini yang kita ketahui dan diajarkan di sekolah adalah sebaliknya, ular memangsa katak. Namun kenapa ini terjdi seperti menyalahi kodrat.

    Foto tersebut diunggah di Reddit pada Senin (16/10/2017) dengan judul yang eye catching, “One Last Scream Into the Abyssss (Jeritan terakhir menuju neraka).” Foto tersebut memperlihatkan ada dua mulut yang menganga. Mulut yang pertama adalah mulut katak, dan yang kedua adalah si ular yang kemungkinan ada di nafas terakhirnya.

    Meskipun baru muncul dan heboh sekarang ini, foto tersebut sduah diambil beberapa tahun yang lalu. Kemungkinan besar foto tersebut diambil di Australia. Meskipun begitu, sampai sekarang ini mengulik anthropomorphize dari foto tersebut seakan tak ada habisnya.

    Baca juga: Kisah Menyayat Hati Bayi di Madiun. Disembunyikan dari Ibunya Saat Baru Lahir, Ternyata Ini yang Terjadi

    Jodi Rowley, ahli biologi dan konservasi dan National Geographic Explorer di Twitter menyebutkan jika itu merupakan katak hijau pohon dari Australia, Litoria caerulea. Hewan itu dapat ditemukan hampir di seluruh kawasan Australia dan juga New Guinea.  Cici-cirinya, katak betina dewasa dapat mencapai panjang sekitar 12 cm. Sementara itu, katak jantan lebih kecil dengan panjang sekitar 3-8 cm saja.

    Biasanya amfibi memangsa serangga, namun mereka malah ambisius memangsa hewan seperti tikus ataupun juga katak lainya.

    “(Fenomena) ini benar-benar berkaitan dengan mangsa yang lebih kecil dari ukuran mulut dan kebetulan bergerak melintas di depan pandangan,” ujar Karen Lips, ahli biologi konservasi dari Universitas Maryland, Washington D.C, seperti dikutip National Geographic, Minggu (22/10/2017).

    Baca juga: Totalitas! 4 Artis Ini Lakukan Adegan Ranjang di Film! Ada yang Ngelakuin Sungguhan Lho!

    Dia juga mejelaskan lebih lanjut jika kebanyakan amfibi, reptil, dan juga ikan menelan secara keseluruhan. Perut akan menggembung dan menggeliat usai malahap buruan. Sementara itu karena ular memiliki tubuh yang panjang dan ramping, Lips memperkirakan jika katak akan kesulitan menelannya sekaligus.

    Lips memperkirakan, sang fotografer menangkap momen yang pas, saat ular ingin melarikan diri. Nah, apakah katak memakan ular itu wajar atau tidak, itu belum diketahui jawabannya. Meskipun demikian sudah banyak spesies katak yang tertangkap melahap ular dengan ukuran yang beragam.