Tjahjo Kumolo: Pekerjaan jadi Anggota DPR Paling Enak di Seluruh Dunia


    SURATKABAR.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengakui jika dirinya terjun ke politik karena beberapa alasan.

    Ia bahkan sudah bercita-cita ingin jadi politikus semenjak masih duduk di kelas satu SMA. Tak disangka, pria kelahiran Surakarta tersebut bisa menggapai angan-angannya untuk menjadi anggota DPR.

    “Kelas satu SMA saya sudah berpikir, suatu ketika saya harus jadi anggota DPR,” kata Tjahjo di Gedung Joang, Jakarta, Sabtu (21/10/2017), dikutip dari tribunnews.com.

    Tjahjo secara terbuka mengakui jika pekerjaannya sebagai anggota DPR sangan dinikmatinya. Dia juga mengklaim jika menjadi anggota DPR merupakan pekerjaan paling nikmat sedunia.

    Baca Juga: Terkuak! Dokumen Rahasia Amerika Serikat Memuat Laporan Tentang Penggulingan Soekarno dan PKI

    “Pekerjaan jadi anggota DPR paling enak di seluruh dunia, bukan hanya di seluruh Indonesia,” ujarnya.

    Meski sangat menikmati statusnya sebagai anggota DPR, Tjahjo lantas harus mengakhirinya sebab diminta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi menteri.

    Ia lantas memberi perbandingan gaji yang diterima saat menjadi anggota DPR dan ketika menduduki sebagai Mendagri.

    “‎Saya pensiun tahun 2014 gaji saya Rp 250 juta. Dan sekarang gaji saya jadi menteri Rp 20 juta,” tuturnya.

    Tjahjo merupakan politisi senior dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ia terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

    Di internal partai, pria yang lahir pada 1 Desember 1957 itu dipilih oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015.