Lari Depan Kantor Luhut, Sandiaga Uno Beri Hormat


SURATKABAR.ID – Sandiaga Uno yang baru saja dilantik resmi menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta melintas di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta Pusat, pada Jumat (20/10/2017) pagi. Pada kesempatan itu, ia berlari pagi sambil memberikan hormat. Dia mengaku melakukan hal tersebut sebagai bentuk rasa hormat kepada Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

“Tadi simbol untuk memberikan salut dan hormat ke senior saya ke Pak Menko, kita siap berkoordinasi,” papar Sandiaga, Jumat (20/10/2017). Demikian sebagaimana dilansir dari laman Tribunnews.com petang ini.

Ketidakselarasan Soal Reklamasi

Sebelumnya, diketahui bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempunyai pendapat berbeda sehubungan dengan proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berjanji akan menghentikan proyek reklamasi. Namun, pemerintah pusat keberatan dengan rencana tersebut.

Baca juga: Anies Baswedan Ingin Satukan Warga, Tapi kok Masih Pakai Istilah ‘Pribumi’?

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengaku akan meminta Anies Sandi mengurungkan niat menghentikan proyek reklamasi.

Sandiaga Uno juga meminta kepada semua pihak agar tidak mengadu domba pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Kami tidak mau diadu-diadu. Pemprov harus selaras dengan pempus,” tukasnya.

Ia melihat, di jalan depan gedung kemenko maritim ada banyak kendaraan metromini diparkir di tempat itu. Selain itu, dia juga melihat ada sepeda motor yang naik ke trotoar di tempat lainnya. Sontak ia pun langsung mengingatkan kepada pengendara sepeda motor itu untuk berputar balik.

“Yang menyenangkan saya cuma menemui satu insiden di trotoar, motor yang naik trotoar saya ingatkan dia berbalik,” lanjutnya.

Pada Jumat (20/10/2017) pagi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wakil Gubernur, Sandiaga Uno sudah datang ke Balai Kota. Mereka mempunyai cara berbeda untuk sampai ke tempat kerja.

Dari hasil pantauan tim wartawan, Anies Baswedan datang ke Balai Kota dengan menggunakan sepeda motor. Ada pun Sandiaga Uno memilih berlari bersama dengan komunitas lari, Jakarta Berlari, dari kediamannya.

Tiba di Balai Kota pada pukul 07.48 WIB, Anies datang dengan menaiki sepeda motor patroli pengawal (patwal). Dia terlihat memakai pakaian olahraga—mengenakan celana training dan kaos hitam. Anies juga menggunakan sepatu olahraga saat turun dari sepeda motor patwal milik Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku menggunakan sepeda motor agar terhindar dari kemacetan.

Lain halnya dengan Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta yang  berlari berangkat dari kediamannya di Pulombangkeng menuju ke Balai Kota. Dalam rombongan tersebut, ada Kakak Sandiaga, Indra Uno, dan ibundanya, Mien R. Uno.

Baca juga: 8 Tokoh ‘Non-Pribumi’ Ini Berjasa Perjuangkan Kemerdekaan RI

Setibanya di sana, Sandiaga disambut meriah warga dan pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mereka lantas menggelar senam bersama warga di lapangan Monumen Nasional pada Jumat pagi tadi.