Fahri Hamzah: Begitu Anies dan Sandi Menjabat, Saya Mulai Sikat


SURATKABAR.IDWakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menanggapi dengan tegas terkait pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang akan dilantik sebagai pasangan pemimpin DKI Jakarta.

Anies dan Sandi resmi menakhodai DKI Jakarta setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (16/10/2017).

Fahri memastikan akan terus memberi kritik kepada pasangan yang didukung PKS dan Gerindra itu. Hal tersebut ia sampaikan di salah satu media sosialnya yakni Twitter.

“Anda lihat saya nanti, begitu Anies dan Sandi menjabat, saya mulai sikat. Tenang saja,” ujar Fahri dalam akun Twitter @Fahrihamzah, dilansir jpnn.com, Minggu (15/10/2017).

Menurut Fahri,menjadi kritis  itu adalah bagian dari hak masyarakat manakala ada pejabat yang berkuasa, siapapun itu. Sebab kewajiban pejabat itu adalah kepada masyarakat sehingga sikap kritis diperlukan.

“Hak pemerintah yang sedang berkuasa atas kita adalah kritik. Kewajiban mereka atas kita adalah pelayanan terbaik.” ujarnya.

Meski Anis dan Sandi merupakan teman dekat Fahri hal tersebut tidak membuat Fahri gentar untuk melancarkan protes bila ada kebijakan yang dianggapnya keliru.

Fahri menjelaskan bahwa saat ini banyak yang logikanya terbalik. Seperti pujian berlebih publik kepada orang yang baru menjabat, sekalipun yang dilakukan pejabat tersebut masih amatiran.

“Nanti kalau orang mengritik dibilang, bukannya membantu eh malah mengganggu. Padahal kritik adalah cara membantu penguasa,” jelasnya.

Baca Juga: Fahri Hamzah: Tak Usah Ngomong Ahok

Saat pelantikan, Fahri juga menginformasikan kepada publik sebuah karangan bunga yang memberikan ucapan selamat kepada pasangan Anies-Sandi. Termasuk saat menyampakan langsung ucapan selamat dengan #GubernurBaruDKI.

Aku memeluk @aniesbaswedan kawanku dalam angkatan 90-an aku ucapkan selamat. Dia aktifis mahasiswa. #GubernurBaruDKI

Aku memeluk @sandiuno dan kuucapkan, “selamat chief!” Itu sapaanku sejak lama. Kami sahabat lama. #GubernurBaruDKI

Seperti itulah postingan Fahri di akun Twitter pribadinya saat Anies – Sandi dilantik.