Puluhan Siswa di Cilacap Tulis Surat untuk Jokowi, Isinya Jleb Banget


    SURATKABAR.ID – Puluhan siswa di Cilacap menuliskan surat khusus untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam suratnya itu, mereka mengadu pada Presiden soal perjuangannya mendapatkan pendidikan layak.

    Salah satunya adalah Laela Mutmainah. Siswa kelas IX SMP Miftahul Falah Gandrungmangu ini terlihat serius menuliskan suratnya.

    Ia beberapa kali termangu seraya memutar-mutar bulpennya. Menuurt Laela, tak boleh ada kata yang salah sedikitpun karena surat ini akan diberikan pada Jokowi.

    Dalam suratnya, siswi 14 tahun ini mengadu soal perjalanan jauh yang harus ditempuhnya untuk ke sekolah. Setiap hari, ia harus mengayuh sepeda sejauh 5 kilometer dari rumahnya di Pengampiran.

    Baca juga: Tak Tahu Bahwa Kahiyang Putri Jokowi, Pelayan Ini Langsung Sesali Perbuatannya

    Namun, bukan soal jarak yang dikeluhkan Laela, melainkan jalanan berlubang dan becek yang membuat jarak 5 kilometer terasa sulit untuk dilalui sepeda.

    Kondisi ini juga kerap membuatnya terlambat sampai sekolah. Sebab, ia harus berhati-hati memilih jalan agar baju dan sepatunya tak kotor terkena cipratan lumpur.

    Tak cuma itu, Laela juga melaporkan soal kondisi sekolahnya yang sempit. Ketika turun hujan, atap yang bocor menyebabkan air masuk ke kelas. Laela berharap sekolahnya bisa diperbaiki agar lebih bagus.

    “Harapan kami adalah semoga sekolahanku menjadi lebih maju layaknya seperti sekolahan yang berada di keramaian,” tulis Laela, Sabtu (14/10/2017) kemarin, dilansir liputan6.com.

    Laela, hari itu menjadi wakil sekolahnya untuk mengikuti kelas menulis surat bersama yang digelar di SMP Miftahul Falah Gandrungmangu. Bersama 20 siswa dari 5 sekolah lain, Laela mencurahkan isi hatinya.

    Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Miftahul Falah, Muttaqin Subroto mengaku dirinya tak menyangka kebanyakan siswa akan menulis soal kondiri jalan yang rusak dan infrastruktir sekolah yang terbatas.

    Namun, menurut Muttaqin, apa yang ditulis para siswa adalah gambaran kondisi sebagain besar wilayah Cilacap bagian barat.

    “Setidaknya kegiatan ini melatih siswa agar bersikap kritis sejak dini dan tak takut mengutarakan pendapat,” katanya.

    Baca juga: Tertangkap Kamera! Pria Diduga Anies Baswedan Lakukan Hal Tak Pantas pada Anak Buahnya

    Selain menulis surat, kegiatan tersebut juga diisi dengan melukis wajah Presiden Jokowi oleh Arfiyan Hadi. Arfiyan merupakan pengajar Seni Budaya di MA Mafda Cipari dan pernah mendapat penghargaan Top 3 Plein Air International Watercolour Society di Yogyakarta.