Ketika Menkes Meledek KASAU di Depan Panglima TNI


    SURATKABAR.IDTNI di Dermaga Indah Kiat mengadakan bakti sosial kesehatan yang diselenggarakan di Cilegon, Banten pada Kamis (29/9/2017). Acara bakti sosial tersebut dihadiri juga oleh Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

    Tidak mau ketinggalan dari acara bakti sosial tersebut, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo juga turut menghadiri acara tersebut.

    Saat menyampaikan sambutan, Nila sempat meledek Kepala Staf Angkatan Udara ( KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahyanto. Awalnya, Nila membahas soal tingginya angka kecelakaan lalu lintas.

    “Satu tahun saja, angka yang kami peroleh 25.686, sekitar demikian. Kalau dibadingkan yang lain, angka ini termasuk sangat tinggi,” kata Nila seperti dilansir kompas.com.

    Menurut Moeloek kecelakaan lalu lintas menjadi persoalan nomor dua tertinggi di dunia, setelah penyakit jantung dan stroke. Ia pun juga menjelaskan salah satu penyebab munculnya penyakit jantung dan stroke adalah karena mengkonsumsi makanan yang tidak sehat berlebihan.

    Baca Juga: Ramai Foto Setya Novanto Dijadikan Meme, Begini Reaksi Mengejutkan HNW

    Nila kemudian menyinggung soal pentingnya mengonsumsi makanan sehat yang cukup kepada tamu undangan yang hadir. Secara khusus kepada Marsekal Hadi yang menurut Nila, salah satu kancing bajunya terlepas lantaran perutnya bertambah besar.

    “Saya titip, Pak, kita harus makan yang sehat. Tadi pagi kita sudah diberikan makanan oleh ibu-ibu, tolong diperhatikan,” kata Nila.

    “Tadi Pak KSAU sampai kancingnya lepas karena perutnya tambah satu senti (meter) ke depan,” ucap dia.

    Celetukan Nila disambut tawa para tamu undangan. Begitu pula dengan Marsekal Hadi dan Istrinya juga ikut tertawa.

    Nila kemudian mengingatkan, upaya pencegahan timbulnya penyakit lebih baik dari pada mengobati. Sebab, jika dihitung-hitung, maka biaya mengobati lebih besar daripada pencegahan.

    “Kita harus kembali pada preventif promotif, kita tidak mau lagi harus kuratif karena kita mengetahui biaya kuratif ini sangat tinggi,” katanya.