Meski Parasnya Seperti Bule, Mereka Sebenarnya Warga Suku Pedalaman di Indonesia


SURATKABAR.ID – Bukan hal yang mengejutkan lagi untuk berpapasan dengan wajah menawan bule di jalanan Pulau Dewata maupun destinasi wisata lain di Indonesia. Bahkan tak sedikit orang asing bermata biru dan berhidung mancung yang menjelajah daerah pelosok Nusantara.

Namun bagaimana jika diberitakan bahwa di Indonesia ternyata juga menyembunyikan sosok berparas menawan seperti bule. Adalah Suku Tobelo Dalam atau yang lebih sering disebut Suku Togutil memiliki ciri fisik yang terbilang jauh berbeda dengan orang-orang ras Asia kebanyakan.

Dilansir dari laman Tribunnews.com, tim Terios-7 Wonders Wonderful Moluccas (T7W Wonderful Moluccas) berhasil menemui mereka yang merupakan salah satu suku dengan kehidupan yang sangat tradisional. Dan mereka tinggal di pedalaman hutan Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara.

Berdasarkan penelusuran, Togutil memiliki arti ‘bodoh’ dan ‘tertinggal’ dalam Bahasa Tobalo. Termasuk dalam kelompok Tayawi, sebenarnya ada sejumlah suku yang tinggal di sekitar wilayah tersebut. Dan untuk masing-masing kelompok diberi nama sesuai dengan daerah aliran sungai tempat mereka tinggal.

Baca Juga: Mengintip Mewahnya Tempat Tinggal Baru El Rumi di London

Sebut saja Suku Togutil Akijira yang menempati wilayah Halmahera Tengah, Suku Togutil Dodaga, Suku Togutil Tanjung Lili yang ditemukan di daerah Halmahera Timur dan masih banyak Suku Togutil lainnya yang menyebar di wilayah-wilayah berbeda.

Untuk Suku Togutil dari kelompok Tayawi ini kebanyakan masih mengandalkan hasil buruan untuk bisa bertahan hidup. Meski demikian, sebagian besar dari mereka sudah mengenal teknik bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan kering.

“Mayoritas Suku Togutil sudah memakai pakaian. Dulu kan, hanya menggunakan celana atau rok saja yang terbuat dari kulit pepohonan. Tapi yang modern ya, hanya kelompok Tayawi saja,” jelas Tokoh Adat Togutil Tayawi, Anton Jumati, dilansir Tribunnews.com, Senin (17/7/2017).

Ciri unik yang dimiliki oleh Suku Togutil Tayawi adalah paras menawan mereka. Diketahui konon, nenek moyang Suku Togutil berasal dari banyak garis keturunan bangsa asing, seperti Portugis, India dan juga Cina. Itulah sebabnya wajah Suku Togutil Tayawi tak jauh berbeda dengan bule.

Tradisi turun temurun yang masih mereka pegang hingga sekarang adalah kehidupan yang jauh dari dunia luar. Meski telah mengenal dunia modern, mereka tetap mempertahankan gaya hidup sederhana. Meski demikian mereka sudah memeluk agama, yaitu Kristen Protestan, seperti yang diwartakan Liputan6.com.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaPasca Postingannya Viral, Ojek Bule Ini Akhirnya Minta Maaf
Berita berikutnyaHeboh Lelang Perawan di NikahSirri.com, Siapa Inisiatornya?