Subscriber Sudah 1 Juta, Berapa Penghasilan Bayu Skak dari Youtube?


SURATKABAR.IDBayu Eko Moektito, atau kerap disapa Bayu Skak, menerima penghargaan Gold Button dari YouTube Indonesia, Senin (18/9/2017).

Dengan diterimanya penghargaan Gold Button dari Youtube hal ini berarti Youtuber asal Malang tersebut sudah menghimpun satu juta pelanggan alias subscriber di channel YouTube-nya. Bayu Skak menjadi YouTuber pertama dari luar Jakarta yang berhasil menyabet Gold Button. Menurut dia, prestasi ini adalah buah konsistensinya selama lebih kurang tujuh tahun berkecimpung di kancah YouTube Tanah Air.

“Aku selalu yakin dengan konten YouTube-ku yang berbahasa Jawa. Aku percaya ciri khas itu punya pasarnya sendiri,” kata Bayu Skak usai pembukaan YouTube Pop-Up Space Jakarta, di Art1: New Museum, Gunung Sahari, seperti dikutip kompas.com

Selain sangat membanggakan karena usahanya selama ini akhirnya mendapatkan penghargaan, Bayu Skak tentunya juga membuat banyak orang bertanya-tanya dengan satu juta subscriber berapakah pendapatan atau penghasilan Bayu Skak setiap bulannya?

Remaja 23 tahun ini menyebutkan pendapatan rata-ratanya dari AdSense maupun proyek-proyek lainnya sebagai YouTuber.

“Kalau dari AdSense rata-rata 2.000 dollar-lah (Rp 26 jutaan) sebulan,” kata Bayu.

Pendapatan dari AdSense ditentukan oleh cost per mille alias CPM, yakni bayaran yang diberikan ke para YouTuber tiap kelipatan 1.000 view pada konten video mereka.

Baca Juga: Semakin Dewasa, Anak-anak Ummi Pipik Diizinkan untuk…

Sementara itu, Bayu Skak sendiri tak serta-merta mengandalkan pendapatan dari AdSense saja meski bisa dibilang upah yang ia dapatkan sudah termasuk jumlah yang besar.

Selain mencari penghasilan dari AdSense, Bayu Skak juga bergabung ke sebuah Multi Channel Network (MCN) untuk menjangkau para brand atau pihak-pihak lain yang ingin bekerja sama.

“Kalau dari proyek-proyek dengan brand, biasanya rata-rata Rp 30 jutaan (setiap bulan),” ujar dia.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaBegini Kronologi Jatuhnya Mahasiswa UGM di Kampus Hingga Meninggal Dunia
Berita berikutnyaSetya Novanto Sakit, KPK Kirimkan Ini ke RS Premier Jatinegara