Duh, Timnas Indonesia U-19 Diprediksi Gagal ke Final AFF 2017. Ini Sebabnya


SURATKABAR.ID – Timnas Indonesia U-19 dapat melenggang ke semifinal AFF U-18 2017 di Myanmar setelah berhasil membabat Brunei Darussalam.

Pada laga penyisihan yang digelar Rabu (13/9/2017) lalu, Indonesia berulangkali menjebol pertahanan Brunei Darussalam dan mengakhiri pertandingan dengan skor 8-0.

Meski berhasil menduduki puncak klasemen grup B, Indonesia diprediksi bakal kesulitan menaklukkan Thailand dalam laga semifinal sore nanti, Jumat (15/9/2017).

Bukan hanya soal perubahan mendadak seperti jadwal pertandingan yang dimajukan dan aturan baru terkait waktu pertandingan, ada beberapa hal yang harus dihadapi Indonesia untuk mengalahkan Thailand.

Baca juga: Geger Kurnia Meiga Mendadak Buta Karena Guna-Guna, Ini Kata Manajer Arema

Analisis Pengamat Sepak Bolo Eko Priyono, menyebut bahwa Indonesia akan kesulitan menaklukkan lawan kuat seperti Thailand. Namun, masih ada peluang menang untuk Indonesia.

Dilansir tribunnews.com, ada dua hal penting yang dapat menyebabkan Indonesia menelan kekalahan. Pertama, adalah soal pertahan Indonesia yang cenderung keropos. Hal ini terlihat saat Indonesia dikalahkan Myanmar dengan skor 3-0.

Meski catatan statistik menunjukkan Indonesia unggul dengan goal position 69 persen. Nyatanya serangan para pemain Indonesia kalah cantik dari Vietnam. Umpan-umpan silang para pemain Vietnam yang berhasil membuat Indonesia kelabakan, menurut Eko sangat mirip dengan gaya permainan Thailand.

Poin kedua adalah soal penyelesaian akhir yang kurang baik. Meski berhasil mencetak 19 gol, statistik berkata lain.

Contohnya adalah saat Indonesia melawan Filipina. Dalam pertandingan tersebut Indonesia melakukan 26 kali tendangan ke arag gawang, 18 tepat sasaran, namun hanya 9 gol yang mampu tercipta. Hal serupa juga terjadi saat Indonesia melawan Brunei Darussalam.

Belum lagi, Thailand memiliki lini pertahanan yang begitu baik dan hanya kebobolan 2 gol selama babak penyisihan berlangsung. Untuk itu, jika ingin memenangkan pertandingan, menurut Eko para pemain harus mampu memperbaiki penyelesaian akhir mereka.

Meski begitu, Indonesia masih memiliki peluang untuk memenangkan tiket ke final jika permainan mereka tak monoton. Pasalnya, selama ini Garuda Nusantara terlalu bertumpu pada Egy Maulana dan Saddil Ramdani.

Baca juga: Hadiri Sidang, Pengakuan Cristiano Ronaldo di Hadapan Hakim Bikin Trenyuh

“Mestinya Indonesia bisa memanfaatkan penyerang tengah mereka Hanis Sagara dan M Rafli Mursalim,” jelas Eko.

Meski prediksi mengatakan pertandingan ini bakal sulit untuk Timnas Indonesia U-19, masyarakat tentu berharap yang terbaik dari Garuda Nusantara.