Benarkah Karyawan Kantor Bakal Berumur Pendek? Begini Hasil Penelitianya


SURATKABAR.IDAda beberapa faktor yang memengaruhi usia seseorang. Salah satunya adalah jenis pekerjaan yang berpengaruh pada kesehatan. Oleh karena itu diadakan beberapa penelitian terkait dengan hal tersebut.

Karyawan yang bekerja di balik meja dua kali lebih besar beresiko mengalami kematian dini. Sebenarnya ini bukan informasi yang terlalu baru, namun menurut penelitian teranyar, risiko kematian pada pekerja kantoran tetap tinggi, bahkan bila mereka sudah rutin berolahraga.

Meski sesekali melakukan peregangan, ternyata jika setiap hari kita tidak aktif melakukan kegiatan fisik, hasilnya sama saja. Demikian berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal kesehatan Annals of Internal Medicine, seperti dikutip kompas.com.

Faktanya terlalu banyak duduk memicu banyak gangguan kesehatan, mulai dari metabolisme menjadi lebih lambat, gangguan postur tubuh, kegemukan, hingga gula darah meningkat. Semua faktor tersebut akan menyebabkan berbagai penyakit, seperti diabetes hingga penyakit jantung.

Sementara itu, Tim peneliti, yang dipimpin oleh peneliti Columbia University, Keith Diaz, memantau pergerakan 8.000 orang dewasa di atas usia 45 tahun dengan meminta mereka memakai akselerometer di pinggul mereka.

Baca Juga: Selain Sunnah Rasul, Jenggot Lebat Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Selama periode 10 hari, para peneliti menemukan bahwa duduk atau kurang bergerak rata-rata dilakukan selama 12,3 jam dari 16 jam waktu bangun dalam sehari. Dengan kata lain, 77 persen waktu kita dihabiskan hanya untuk duduk.

Setelah empat tahun hasil penelitian pun menunjukkan bahwa mereka yang menghabiskan waktu paling banyak untuk duduk juga beresiko besar meninggal selama periode studi, bahkan bila mereka sudah melakukan olahraga.

Solusi yang diberikan oleh para peneliti terkait dengan masalah ini, sangat disarankan bagi mereka yang aktivitasnya lebih banyak duduk untuk bangun setiap 30 menit dari tempat duduk mereka demi menekan angka kematian.

Hal ini juga kembali dibenarkan dan dibuktikan oleh penelitian terbaru yang lain di Cambridge bahwa satu dari enam kematian atau 90.000 per tahun kematian yang terjadi disebabkan karena jam kerja kantoran selama 8 jam hanya diisi dengan duduk-duduk.