Ngakak Lihat Video Aksi Pemotor Ini


puyeng

Sebuah video yang cukup lucu beredar di media sosial. Sebuah aksi yang sebenarnya cukup berbahaya dilakukan oleh dua orang dalam mengendarai sepeda motor. Meski berbahaya dan lumayan menegangkan, tetapi akhir dari video tersebut sangat lucu.

Dua orang mengendarai sepeda motor dengan roda depan diangkat. Motor tersebut dikendarai dengan cara berputar-putar beberapa kali. Orang yang berada dibelakang terlihat hanya merangkul diam.

Ketika sekian kali memutar, tiba-tiba lelaki berbaju putih dibagian belakang turun dengan posisi jatuh terlentang. Sesaat setelah itu lelaki yang mengenakan helm tersebut berusaha bangkit, tetapi kemudian ambruk lagi. Sepertinya dia pusing dan tak sanggup berdiri.

Tingkahnya tersebut mengundang tawa rekan-rekannya. Tak berusaha menolong, temannya yang berambut gondrong tidak berusaha menolong, malah tertawa terpingkal-pingkal melihat temannya beberapa kali terjatuh karena masih telihat pusing.

Kita mungkin semua pernah merasakan pusing seperti itu, kira-kira kenapa setelah kita berputar-putar jadi pusing dan kehilangan keseimbangan? Berikut penjelasan ilmiah yang dilansir dari inilah.com

Menurut hukum dasar fisika, jika sebuah obyek diam, maka obyek itu akan tetap diam hingga ada yang mengusiknya. Jika obyek itu bergerak, obyek itu akan tersebut bergerak hingga berhenti. Inilah penyebab mengapa Anda merasa pusing setelah berputar-putar.

Dalam struktur labyrinthine di dalam telinga, ada tiga Semucircular Canal yang mengatur sudut kanan dan kiri agar gerak kepala tetap disepanjang sumbu dan ketiga bagian tersebut berkolaborasi dalam ruang 3D. Tiap kanal ini berisi cairan yang bergerak maju mundur.

Saat memiringkan kepala ke satu sisi, cairan akan mengarah ke satu sisi. Informasi ini kemudian ditangkap otak melalui kurang lebih 20 ribu syaraf yang kemudian diterjemahkan otak sebagai gerakan.

Kini saat Anda bergerak dalam lingkaran, cairan yang ada bergerak di arah berlawanan di dalam kepala. Hal ini kemudian melawan gerak kepala dan menyebabkan sensor di dalam kepala bergerak berlawanan arah, yang berarti kepala Anda sedang berputar.

Alhasil, otak tak lagi menerima pesan Anda sedang berputar dan persepsi Anda menjadi normal merespon rotasi pada kepala dan ini memberi Anda perasaan seolah Anda diam dan dunia berputar di sekeliling Anda. Pesaraan inilah yang akhirnya membuat Anda pusing.

Jadi seperti itu penjelasan ilmiah kenapa kita jadi seperti orang mabuk sesaat ketelah berputar-putar. Bahkan kadang kala tidak sekedar sempoyongan, orang yang berputar-putar bisa sampai mual dan muntah.

Berikut video lucu tersebut

https://www.facebook.com/1697358380498399/videos/1707432669490970/


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaAneh, Benda-Benda Ini Tidak Hancur Meski Kena Bom di Sarinah
Berita berikutnyaTernyata Jumlah Teroris Bom Sarinah Bukan 5 Orang, Tetapi ….