Jokowi: Ini Kegiatan Apa Sih? Hasilnya yang Akan Dicapai Tidak Jelas


SURATKABAR.ID – Dalam sambutannya pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2017, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/9/2017), Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dirinya masih menemukan adanya inefisiensi penggunaan anggaran dan belanja Negara atau daerah.

“Saya cek satu per satu, banyak sekali inefisiensi itu. setiap kegiatan yang dilakukan dilihat satu per satu, tidak jelas hasil yang akan dicapai. Ini kegiatan apa sih? Hasilnya yang akan dicapai tidak jelas. Tujuan dan sasaran tidak berorientasi pada hasil,” ujar Presiden Jokowi.

Seperti diwartakan laman kompas.com, Jokowi kembali mengimbau kepada pimpinan kementerian dan lembaga serta kepala daerah yang hadir pada Rakernas tersebut untuk tidak menilai pengelolaan keuangan Negara hanya sebagai urusan teknis atau urusan prosedural belaka. Jokowi menegaskan bahwa keuangan Negara harus mengarah kepada hasil yang konkret.

Baca Juga: Surati KPK Soal Kasus Novanto, Fadli Zon Dilaporkan

“Hati-hati dengan ini, percuma kita buat program, kegiatan, tapi hasilnya tidak kelihatan. Banyak sekali yang ukuran kinerjanya tidak jelas. Banyak. Kemudian juga banyak tidak ada keterkaitan program dengan sasaran pembangunan, lepas sendiri – sendiri,” papar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyindir kebiasaan kementerian dan lembaga maupun kepala daerah yang selama ini dinilainya sering membuat aturan terlalu banyak.

Setiap kegiatan, Jokowi mencontohkan, harus dilaporkan melalui Surat Pertanggungjawaban (SPJ). Padahal, katanya, SPJ tersebut sebetulnya tidak memberikan dampak signifikan pada pencegahan korupsi.

“Yang lalu-lalu, kita terlalu banyak membuat aturan. Pagarnya dibuat tinggi-tinggi, tetapi yang lompat juga masih banyak sekali. Buat apa pagar kalau yang lompat juga masih bisa,” pungkas mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta tersebut.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaBamsoet Yakin Indra Piliang Akan Bertaubat
Berita berikutnyaMengenal Fungsi dan Efek Obat PCC yang Telah Menelan Puluhan Korban di Kendari