Terungkap! Timnas U-19 Lakukan Ritual Ini Sebelum Bertanding. Rahasia Kemenangan?


SURATKABAR.ID – Timnas Indonesia U-19 telah dua kali meraih kemenangan dalam babak penyisihan AFF U-18 2017 di Myanmar

Di laga pertama saat melawan Myanmar, Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1. Sementara itu, di pertandingan kedua saat melawan Filipina, Indonesia menang telak setelah 9 kali membobol gawang Filipina.

Berkat dua kemenangan tersebut, Indonesia berada di urutan kedua klasemen Grup B. Sementara itu, urutan pertama diduduki Vietnam dengan poin sama, tapi unggul selisih gol dari Indonesia.

Hari ini, Senin (11/9/2017), tim dengan julukan Garuda Nusantara ini akan kembali menunjukkan kemampuan mereka dalam laga melawan Vietnam. Jika menang, Indonesia tentu akan memuncaki klasemen.

Baca juga: Terungkap! Ini Pelaku yang Pasang Bendera Terbalik di SEA Games 2017

Namun, sebuah ritual unik terungkap menjelang laga Indonesia vs Vietnam. Ternyata, anak didik Indra Sjafri ini memiliki ritual khusus yang selalu mereka lakukan setiap selesai berlatih untuk membakar semangat.

Yel-yel akan diteriakkan dengan lantang diikuti “tarian perang” yang membuat semangat makin membara. Sebenarnya, tarian ini pertama kali dilakukan ketika Garuda Nusantara berlatih di Markas Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur.

Yel-yel yang diteriakkan pun muncul berkat latihan ala militer yang diterapkan pada para pemain. Meski idenya datang dari petugas militer, gerakan dan lirik yang diucapkan merupakan hasil karya tim pelatih dan ofisial.

Ritual yang dilakukan setelah latihan ini terlihat makin menarik karena gerakan kompak mereka diiringi teriakan yang membangkitkan kepercayaan diri dan rasa nasionalisme.

Bahkan, kata-kata dalam yel-yel tersebut juga mengungkit soal lambang Garuda di dada dan nama Indonesia yang mereka pertaruhkan dalam tiap pertandingan.

Adakah Garuda di dadaku? Ada! Mana? Ini dia!” bunyi yel-yel yang diikuti dengan aksi menepuk dada, dilansir liputan6.com.

Bukan cuma itu, ritual ini juga diakhiri dengan gaya selebrasi gol dap ala Paul Pogba hingga membuatnya terlihat seperti gaya anak muda zaman sekarang.

Ketika melakukan ritual ini, bukan cuma para pemain, tim pelatih dan ofisial juga turut meramaikan. Selama berada di Yangon, yel-yel penyemangat ini juga selalu diteriakkan oleh timnas Garuda Nusantara.

Baca juga: Kalah Telak dari Indonesia, Pelatih Timnas Filipina Ungkap Hal Mengejutkan

Ritual unik ini akan dilakukan setelah doa bersama. Tiga pemain akan maju untuk memimpin rekan-rekannya. Meski tak sampai satu menit, yel-yel ala TNI ini diyakini mampu membakar semangat para pemain dalam setiap pertandingan.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaViral! Pebalap MotoGP Ini Rela Dorong Motor Hingga Finish, Apa Alasannya?
Berita berikutnyaDigigit Ular? Ini Dia Cara Ampuh Atasi Bisa Ular