Inilah 7 Pekerjaan yang Bakal Sukar Dapat Pinjaman dari Bank. Nomor 1 Mengejutkan!


SURATKABAR.ID – Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini, kita memang semakin dimudahkan dengan adanya kredit dari bank. Namun jangan dikira jika pengajuan pinjaman tak memerlukan perjuangan. Pasalnya meskipun nasabah sudah memenuhi dokumen dengan penghasilan rutin yang memenuhi syarat, pihak bank memiliki penilaian lain sebelum meloloskan pengajuan nasabahnya.

Mengutip informasi dari dunia perbankan, seperti yang diwartakan kompas.com, Kamis (7/9/2017), bank memperhatikan profesi yang dimiliki oleh calon nasabah kredit mereka. Dan ada beberapa profesi yang lebih dihindari bank dalam memberikan kredit. Yang mengejutkan, bukan hanya swasta saja, namun juga di lingkup pemerintahan bisa mendapatkan penolakan.

Berikut ini 7 pekerjaan yang bakal sulit mendapatkan persetujuan dari bank saat mengajukan pinjaman:

PNS, TNI dan Polisi

Umumnya bank pemberi kredit akan memberikan perhatian penuh kepada tiga profesi ini. Alasannya adalah sifat tugas yang mereka miliki memungkinkan nasabah berpindah lokasi tempat tinggal. Selain itu mereka juga memiliki risiko pekerjaan yang terbilang cukup tinggi.

Politisi

Jika dibandingkan dengan profesi lainnya, politisi akan membutuhkan waktu yang lebih lama saat mereka mengajukan kredit kepada bank. Pasalnya pihak bank harus mendapatkan informasi seputar penghasilan dan keterangan lain dari calon nasabah. Dan itu juga memakan banyak waktu.

Baca Juga: Dinyatakan Meninggal, Saat Makam Dibongkar Keluarga Temukan Hal Mengejutkan

Pekerja Lepas (driver taksi dan ojek online, office boy, satpam dll)

Tak memiliki sumber penghasilan tetap dalam jumlah yang ditentukan setiap bulannya, membuat pihak bank cenderung menghindari calon nasabah dengan profesi yang satu ini. Namun bukan berarti mereka sama sekali tak bisa mengajukan kredit. Bank biasanya memberikan persyaratan khusus untuk mereka.

Entertainment, Media dan Public Figure

Yang mengejutkan adalah, para pekerja di dunia entertainment ternyata mendapatkan tantangan yang cukup besar saat akan mengajukan pinjaman. Meskipun mereka memiliki pendapatan yang terbilang besar, namun penghasilan para pelaku seni tersebut dinilai tak menentu.

Profesi yang terkait dengan dunia hukum

Hakim, pengacara hingga jaksa juga ada di dalam daftar pekerjaan yang dibilang sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank. Namun hasilnya akan berbeda jika mereka memiliki rekam jejak keuangan yang meyakinkan, seperti histori redit dan pembayaran kredit yang baik.

Multi Level Marketing (MLM)

Walaupun profesi MLM menjanjikan penghasilan yang terbilang tak terbatas, namun ada risiko yang mereka miliki. Seperti yang dilansir kompas.com, jika nasabah kesulitan memperoleh pendapatan stabil setiap bulannya, bank akan langsung menolak pengajuan mereka.

Organisasi Swadaya Masyarakat dan Yayasan Sosial

Saat meloloskan pengajuan kredit, biasanya bank lebih memilih untuk menghindari para pegiat yayasan non profit dan swadaya masyarakat. Alasannya tak jauh berbeda dari enam profesi sebelumnya. Namun jika nasabah dapat membuktikan mereka memiliki penghasilan stabil, bank tak akan menolak.