Miris! Berawal dari Gagal CPNS, Kakak Beradik Ini Dipasung Ibu Kandungnya


SURATKABAR.ID – Kegagalan dalam kehidupan sebenarnya merupakan hal yang biasa. Kegagalan seringkali menjadi pelecut seseorang untuk lebih bisa bangkit dari keterpurukan. Namun sayangnya, bagi mereka yang tak kuat menanggung pahitnya kegagalan bisa berakhir fatal dan miris. Seperti kisah adik kakak ini.

Kakak beradik dipasung oleh ibunya sendiri lantaran penyebab awalnya adalah gagal dalam tes CPNS. Kejadian ini terjdi di Sumatera Utara, tepatnya di Kecamatan Panei, Kabupaten Simlungun. Singkat cerita lantaran merasa tertekan karena tak lulus CPNS keduannya menderita gangguan jiwa.

Namanya adalah Siti Nurliyana Purba (43) dan adiknya yang bernama Janter Purba (32). Keduanya sudah lama dipasung oleh ibu kandungnya sendiri, bahkan sudah berpuluh-puluh tahun. Bungani Saragih, orang tua Siti dan juga Janter, terpaksa memasung mereka lantaran membuat cemas orang-orang yang lewat rumahnya.

Baca juga: Ketum PBNU Sebut Kiai dan Santri Istikamah Dukung Jokowi Sampai 2019, Asalkan …

Siti dan juga Janter dipasung dan dikurung dalam dua kamar berukuran 2×3 meter yang terpisah, dengan kondisi yang sangat kotor dan aroma yang tak sedap. Bungani menyebutkan jika selain masalah keterbelakangan mental, faktor ekonomi keluarga menjadi penyebab dirinya tak mampu berbuat apa-apa. Kecuali mengurung mereka berdua.

Sebelumnya, baik Siti dan juga Janter sudah pernah dirawat di RS Jiwa Adam Malik Medan. Namun lantaran keterbatasan ekonomi, mereka terpaksa keluar dari rumah sakit dan terpaksa dirawat di rumah meskipun belum sembuh. Bungani menyebutkan jika Siti mulai menderita gangguan jiwa sejak ia gagal luus ujian PNS saat usianya masih sangat belia, 19 tahun.

Bungani mengakui jika awalnya ia hanya sekedar mengurung Siti dan Janter saja, belum memasungnya. Namun dalam beberapa waktu terakhir, lntaran mereka sering mengancam orang lain, ia terpaksa memasung kedua buah hatinya tersebut. Meskipun dipasung, Bungani tetap rutin memberi makan dan minum mereka.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaKetum PBNU Sebut Kiai dan Santri Istikamah Dukung Jokowi Sampai 2019, Asalkan …
Berita berikutnyaParah! Posting Tulisan Soal Rohingya, Afi Nihaya Diduga Kembali Plagiat