Jemaah Haji Berusia 104 Tahun Asal Indonesia Ini Jadi Tamu Istimewa Raja Saudi


    SURATKABAR.IDMasih ingat dengan Baiq Mariah, seorang Jemaah haji tertua tahun ini dari Indonesia. Usianya yang sudah melebihi satu abad membuat Baiq Mariah mendapatkan layanan khusus dari Raja Saudi.

    Usianya yang menginjak angka 104 tahun membuat Jemaah asal Lombok Barat, NTB, menjadi tamu istimewa Kerajaan Arab Saudi. Ia mengikuti acara puncak haji dengan mendapatkan fasilitas khusus dari Raja Saudi.

    “Dibawa pihak Kerajaan sore tadi. Dia bersama pendamping dan teman kamarnya. Jumlah seluruhnya lima orang Jemaah,” kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementrian Agama, Sri Ilham Lubis di Padang Arafah, dilansir liputan6.com Rabu (30/8/2017)

    Ilham pun menjelaskan bahwa Baiq Mariah mendapatkan fasilitas khusus dari Raja Saudi hanya selama puncak haji saja yakni terhitung dari tanggal 30 Agustus sampai 4 September mendatang. Setelah puncak haji selesai Baiq Mariah akan kembali bersama rombongannya lagi.

    Baca Juga: 400 Ribu Jamaah Haji Ditolak Masuk Makkah, Ada Apa?

    Nenek yang memiliki 15 orang cucu ini memang sejak awal kedatangannya di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah pada Sabtu (26/8/2017) kemarin sudah menjadi sorotan bagi media Saudi.

    Presiden Jokowi pun mengagumi semangat Baiq Mariah dimana usianya yang sudah sangat lanjut tersebut ia masih semangat untuk beribadah dan dengan penuh kesabaran menunggu keberangkatannya menunaikan ibadah haji.

    “Ia menunggu bertahun-tahun lamanya untuk menunaikan ibadah haji tahun 2017. Dengan usia lebih satu abad, perempuan NTB ini terpaut 88 tahun dari Jemaah termuda Indonesia yang berasal dari JAwa Barat yang masih berusia 16 tahun,” ujar Jokowi, Sabtu (29/7/2017)

    Pihak Mariah pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Kerajaan Saudi melalui media Saudi.

    “Ini adalah mimpi menjadi kenyataan bahwa kami di sini bersama menunaikan ibadah haji. Meski sudah sepuh, kemauannya keras. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Arab Saudi, Raja Salman dan orang-orang Saudi atas keramahan dan kemurahan hati mereka dalam menyambut dan menerima kami,” ucap cucu Mariah selaku pendampingnya menunaikan ibadah haji ini kepada Al Arabiya

    Arab News pun memberitakan bahwa Nenek Mariah menjadi Guests of King Salman di ibadah haji tahun ini karena masalah kesehatan yang dialami Mariah.