Benarkan Hujan ‘Satu Rumah’ di Tebet Berasal dari Pemadam Kebakaran?


SURATKABAR.ID – Hujan misterius yang terjadi di rumah Ahmad Muzakkir yang beralamat di Jalan Tebet Barat Dalam I i nomor 18, Tebet, Jakarta Selatan masih menimbulkan banyak tanda tanya. Banyak yang tidak mampu mempercayai ada hujan yang mengguyur hanya satu rumah dengan durasi yang cukup panjang, yakni kurang lebih 6 jam.

Bahkan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga menyatakan jika hujan di satu rumah yang terjadi Selasa (26/8/2017) itu sangat sulit terjadi.

Kepala Pusat Informasi Meteorologi Publik BMKG Mulyono Prabowo mengatakan jika biasanya hujan lokal itu cakupan wilayahnya luas dan durasinya cukup singkat.

“Kalau hujan lokal mungkin sebagian kelurahan, sebagian kecamatan agak lebih luas. Misalkan Thamrin hujan, sebelahnya tidak. Itu relatif waktunya tidak akan sepanjang 6 jam. Dalam hitungan setengah jam tapi juga areanya tidak sempit sekali. Meskipun kita sebut hujan lokal tidak sampai skala 10×10 meter,” jelas Mulyono, dikutip dari detik.com, Selasa (29/8/2017).

Baca Juga: Aneh! 6 Jam Hujan Mengguyur Hanya Satu Rumah di Tebet

Kepala Badan BMKG Andi Eka Sakya juga menjelaskan jika berdasarkan analisis radar, di lokasi tersebut tidak terlihat ada partikel yang menunjukan ada hujan.

“Dari analisis radar di lokasi tersebut, dari sore 26 Agustus pukul 18.00-23.00 WIB tidak terdeteksi partikel yang dimaksudkan sebagai hujan,” kata Andy, Selasa (29/8/2017), dikutip dari kompas.com.

Berdasarkan banyak keraguan tersebut banyak yang menebak jika air yang mengguyur rumah Muzakkir tersebut sebenarnya bukan hujan. Banyak yang menduga jika air tersebut berasal dari sumber yang lain di sekitar rumah tersebut.

Seperti diwartakan liputan6.com, Bagian belakang rumah Muzakkir langsung berdampingan dengan beberapa perkantoran dan beberapa penginapan. Rumah-rumah sekitar lokasi pun rapat, tanpa ada jarak satu sama lain.

Baca Juga: Terlalu Fokus Ambil Uang di ATM, Wanita Ini Tak Sadar Ada yang Melorot

Disekitar rumah Muzzakir juga ada kantor pemadam kebakaran, tepatnya berlokasi di Jalan Dr Soepomo Nomor 47. Rumah yang telah ditinggali Muzakkir selama 15 tahun ini berjarak 200 meter dari Jalan Dr Soepomo yang mengarah ke Pancoran, Jakarta Selatan.

Akan tetapi saat diukur menggunakan google map, jarak antara rumah Muzakkir ke kantor pemadam kebaran tersebut berjarak kurang lebih 600 meter. Jarah sedemikian jauh rasanya cukup mustahil jika air tersebut berasal dari kantor pemadam kebakaran.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaTerlahir dari Orangtua Tunanetra Hingga Cari Beasiswa untuk Kuliah dan Lulus Cum Laude, Begini Cerita Perjuangan Retno
Berita berikutnyaKenapa Tessa Kaunang Usir Sandy Tumiwa?