SEA Games 2017: Indonesia Catatkan Rekor Perolehan Medali Terburuk Sepanjang Sejarah


SURATKABAR.ID Usai sudah perhelatan pesta olahraga se Asia Tenggara dalam SEA Games 2017 di Kuala Lumpur Malaysia. Dimana hasil akhirnya, memunculkan Malaysia sebagai juara umum, sedangkan Indonesia hanya terdampar di peringkat ke-5. Sebagai catatan, hal ini menjadikan rekor terburuk bagi Indonesia dalam keikutsertaan di ajang dua tahunan tersebut.

Kontingen Indonesia gagal menambah pundi  – pundi emas pada hari terakhir SEA Games 2017, Rabu (30/08/2017). Atlet Indonesia hanya mampu mendulang satu perak dan satu perunggu, yang disumbangkan oleh Andriyan dan Adityo Restu, daru nomor menara 10m, dan perunggu yang diraih Alyssa Thirza di ice skating nomor trek 3.000m estafet putri.

Tambahan perak dan perunggu itu tak mengubah posisi Indonesia yang ada di urutan kelima dengan perolehan 38 emas, 63 perak, dan 90 perunggu. Medali itu didapatkan dengan mengirimkan 530 atlet resmi dalam 36 cabang olahraga

Seperti dilansir dari Detik.com, Hasil akhir ini membuat Indonesia mengukir prestasi terburuk, sejak keikutsertaannya dalam SEA Games pada 1977. Indonesia gagal mencapai target 55 emas yang dicanangkan sebagai syarat untuk minimal berada di posisi empat besar. Lebih buruknya lagi, SEA Games kali ini adalah pertama kali dalam sejarah Indonesia memperoleh medali emas di bawah 40 keping.

Baca juga: Indonesia Gagal Penuhi Target Di SEA Games, Begini Reaksi Pemerintah

Di antara cabang olahraga yang diikuti, bulutangkis, atletik, voli, dan pencak silat menjadi sebagian cabang olahraga yang pencapaian akhirnya meleset dari target.
Sebagai contoh, atletik mematok tujuh medali emas, tapi hanya meraih lima emas. Kemudian, bulutangkis membawa pulang dua emas dari tiga emas yang ditargetkan.

Sementara voli berharap bisa meraih satu emas dan perak, tapi sektor putra juga mendapatkan medali perak. Selain itu, pencak silat yang ditargetkan enam emas hanya mampu mendulang dua emas.

Sementara, hasil buruk di SEA Games ini juga memantik rasa kecewa dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. JK mengaku terkejut dan berharap semua pihak yang terkait bisa segera melakukan evaluasi.

“Terus terang kita kecewalah karena tidak mencapai target yang dicanangkan semula,” kata JK. Kita pikir bisa nomor satu atau dua. Ini nomor lima dan agak jauh dengan yang nomor empat,” sesal JK.

Baca juga: Bravo! Timnas U-22 Akhirnya Raih Perunggu Setelah Bekuk Myanmar 3-1

Sedangkan Kemenpora, melalui Sesmenpora Gatot S Dewa Broto berjanji akan segera melakukan evaluasi.

“Kami akan melakukan evaluasi secara total baik dengan cabor dan stakeholder terkait, kami harus menyikapi hasil SEA Games 2017 dengan serius jika tidak akan berdampak berbahaya untuk Asian Games yang notabenenya sudah dunia dan internasional,” urainya seperti dilansir laman resmi Kemenpora, Rabu (30/8/2017).

  http://credit-n.ru/zaymyi-next.html


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaWNI Asal NTT Ditangkap di Nigeria, Sang Kakak: Pak Jokowi, Tolong Selamatkan Adik Kami
Berita berikutnyaAjaib! Air Mengalir Dari Pegunungan Ini Setelah Dibacakan Ayat Al – Quran